Gelar Lomba Takbir Keliling di Wonosari

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani,– Lomba takbir keliling dan lampu lampion akan digelar guna memeriahkan semarak malam takbir di Kabupaten Gunungkidul. Acara akan diselenggarakan pada Minggu malam 27 Juli 2014 dan dipusatkan di Masjid Al-Ikhlas Wonosari.
Menurut Indra,  salah satu panitia kegiatan, lomba takbir dan lampu lampion merupakan kerja sama antara Forum Silaturahmi Remaja Masjid (FORMASI) Gunungkidul, Takmir Masjid seluruh Wonosari dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Wonosari. Sebagai penghargaan, perlombaan ini akan memperebutkan trophy Bupati dan Wakil Bupati serta uang pembinaan.
“Nanti start dari Masjid Agung Al-Ikhlas Wonosari.  Ada 2 macam kriteria yang akan diperlombakan, yaitu lomba barisan takbir dan lomba lampu lampion,” jelas Indra, Minggu (20/7/2014).
Indra melanjutkan, takbir keliling dan lampu lampion akan diawali sekitar pukul 19.00 WIB yang akan dilepas oleh Bupati Gunungkidul, Wakil Bupati, beserta jajaran Muspida Gunungkidul. Rencananya, rute perlombaan akan dimulai dari Masjid Agung Al-Ikhlas ke arah utara menuju perempatan Rumah Sakit Umum Daerah Gunungkidul dan Markas Kodim, lalu menuju Jalan Sumarwi. Dari lampu lalu lintas Jalan Sumarwi kemudian belok ke arah barat menuju garis finish di depan Pasar Hargosari Wonosari.
“Kami mengajak jamaah-jamaah masjid lewat takmir, jamaah kampung, atau pengajian, untuk mengikuti acara ini. Ajak juga anggota keluarga, putra dan putri, serta angkatan muda masjid, dengan niat untuk beribadah,” tandas Indra.
Lomba ini, lanjut Indra, bisa diikuti oleh jamaah dari luar Wonosari. Karena acara ini menurutnya untuk mendengungkan syiar dan ukuwah Islamiyah di Wonosari khususnya,  dan Gunungkidul pada umumnya.
“Setiap tahun rata-rata hanya sekali di Wonosari ada syiar Islam berbentuk kirab. Tentunya hal ini merupakan hal yang dapat memberikan edukasi terhadap penerus generasi muda dan TPA, tentang kegembiraan dalam merayakan kemenangan setelah bulan Ramadhan,” lanjutnya.
Seperti tahun-tahun sebelumnya antusiasme jamaah dan masyarakat untuk mengikuti lomba takbir cukup besar. Acara ini dijadikan hiburan tersendiri bagi warga  terutama para pemudik yang pulang ke kampung halaman. Bagi Jamaah pengajian atau masjid yang ingin mendapatkan informasi atau  mendaftar dapat menghubungi Indra di nomor 087739597766 atau Nur Huda di nomor 087839938160. (Maryanto/Tty)

Komentar

Komentar