Gas Elpiji Murah Jadi Rebutan Warga

oleh -
Operasi pasar kelangkaan gas elpiji 3 kg di Semanu. KH/Juju.
iklan dispar
Operasi pasar kelangkaan gas elpiji 3 kg di Semanu. KH/Juju.
Operasi pasar kelangkaan gas elpiji 3 kg di Semanu. KH/Juju.

SEMANU,(KH)— Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar operasi pasar (OP) untuk gas elpiji ukuran tiga kilogram. Operasi ini digelar di empat Kecamatan, Semanu, Playen, Karangmojo, dan Tepus.

“Operasi ini dilakukan menyusul tingginya harga gas melon yang menyebabkan keresahan di masyarakat,” kata Kasi Distribusi dan Perlindungan Konsumen, DisperidagkopESDM, Gunungkidul, Supriyadi, di sela melakukan pantauan di komplek terminal Semanu, Senin
(18/5/2015).

Untuk mengantisipasi penyalahgunaan, warga yang hendak mendapatkan gas dalam OP tersebut diwajibkan membawa foto copy KTP. Satu identitas atau foto copy KTP yang diserahkan hanya dapat mengambil maksimal dua tabung. Dalam operasi ini, pertabung dijual dengan harga Rp 15.500.

“Harga yang dijual sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET). Untuk operasi di setiap kecamatan, Hiswana menyiapan 560 tabung,” paparnya.

Sementara, salah satu warga Semanu, Adi Suwarno mengungkapkan, operasi pasar yang digelar dirasakan sangat membantu. Sebab harga elipiji ukuran tiga kilogram di Kecamatan Semanu sempat mencapai Rp 25.000 setiap tabungnya. Dia berharap operasi pasar yang digelar dapat menstabilkan harga gas ukuran tiga kilogram di pasaran.

“Harga di pasaran benar-benar mencekik untuk pengusaha kecil seperti saya ini, dengan operasi ini kita berharap harga stabil,” katanya.

Operasi pasar yang dilakukan mulai pukul 09.00 WIB ini berjalan lancar. Ratusan warga juga tertib antre untuk mendapatkan gas melon.
Operasi pasar ini juga mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian dan TNI. (Juju)

Komentar

Komentar