Forum Silaturahmi Ormas-Pemda, Tingkatkan Sinergitas Dalam Pembangunan

oleh -
Forum Silaturahmi Ormas-Pemda, yang dilaksanakan Jum'at, (24/2) malam.. foto: Humas Pemkab.
iklan dispar
Forum Silaturahmi Ormas-Pemda, yang dilaksanakan Jum’at, (24/2) malam.. foto: Humas Pemkab.

WONOSARI, (KH)— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul bersama Organisasi Masyarakat (Ormas) menyelenggarakan pertemuan atau disebut forum silaturahmi yang diselenggarakan di halaman kantor Pemkab, Jum’at, (24/2/2017) malam. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diharapkan dapat terlaksana dua bulan sekali.

Pada kesempatan tersebut, hadir Wakil Bupati (Wabup) Gunungkidul, Dr Immawan Wahyudi MH, Komandan Kodim 0730 Gunungkidul, Sekban Kesbangpol dan pengurus ormas di kabupaten Gunungkidul yang berjumlah kurang lebih 50 orang.

Immawan memaparkan, Pemda memandang bahwa peran dan fungsi ormas dalam pembangunan, utamanya dalam bidang sosial kemasyarakatan sangat penting karena posisi ormas yang sangat strategis.

“disatu sisi, ormas dapat langsung berhubungan langsung dengan masyarakat, dan disisi lain, memiliki akses lebih terbuka ke pemerintah baik dalam hal perencanaan maupun implementasi kebijakan pemerintah,” ujarnya.

Untuk itu, sambungnya, Pemda berharap peran aktif seluruh komponen masyarakat, utamanya ormas dalam proses pembangunan daerah guna mewujudkan visi dan misi pembangunan. ormas dapat berperan menangkap gagasan-gagasan cerdas dari masyarakat atau dari internal ormas dan disampaikan ke pemerintah agar kebijakan pemerintaj dapat lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Wabup, dalam hal ini Pemda menyampaikan apresiasi atas peran serta aktif ormas dalam pembangunan. Diharapkan, peran serta ini dimasa yang akan datang dapat lebih ditingkatkan.

Pada pertemuan kali ini Wabup meminta kepada Kodim 0730 Gunungkidul untuk berbagi informasi terkait dengan hal – hal yang menyangkut situasi dan kondisi keamanan dan politik dunia, nasional dan daerah serta ancamannya terhadap kesatuan dan persatuan bangsa.

Berkaitan dengan hal tersebut, diharapkan ormas dapat lebih berperan dalam penguatan jiwa nasionalme, cinta tanah air dan wawasan kebangsaan.  Dengan demikian ormas dapat menjadi pelopor dalam menjaga dan menegakkan pancasila, uud 45, dan Bhineka Tunggal Ika, demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (Kandar)

Komentar

Komentar