Festival Kesenian Yogyakarta Juga Digelar di Gunungkidul

oleh -
iklan dispar

WONOSARI,kabarhandayani.—Festival Kesenin Yogyakarta (FKY) rencananya akan dibuka hari ini, Rabu (20/08R/2014) yang dipusatkan di Tugu Yogyakarta. Dengan mengambil tema “Do Dodolan”. Ratusan komunitas kebudayaan, panggung seni, pertunjukan musik, street art, dan sendratari akan menghibur masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta.
Seusai upacara pembukaan yang dilanjutkan dengan kirab budaya, Pasar Seni akan ditempatkan di Pasar Ngasem. Sesuai rilis yang diterima dari panitia, kirab akan melibatkan 26 kontingen serta rombongan 26 angkringan. FKY akan digelar mulai 20 Agustus hingga 9 September.
Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Ristu Raharjo mengatakan, FKY ke 26 juga akan digelar serentak di empat kabupaten dan di Kota Yogyakarta. Tak terkecuali Gunungkidul, kegiatan akan dipusatkan di Ex-Terminal Baleharjo pada tanggal 3-9 September 2014.
“Tujuh hari tujuh malam berbagai kesenian dari komunitas seni di Gunungkidul akan kita tampilkan di sini. FKY kali ini tidak digelar di satu tempat saja, tetapi serentak di empat kabupaten dan kota,” jelasnya.
Ristu menambahkan, berbagai jenis kesenian Gunungkidul akan ditampilkan dalam acara tersebut, mulai dari kesenian reog, jathilan, wayang, drama, ketoprak yang melibatkan seluruh sanggar seni yang ada di Gunungkidul.
Untuk menarik masyarakat, berbagai kesenian luar daerah juga akan ditarik untuk pentas di FKY Gunungkidul. “Contohnya komunitas kesenian dari Bali yang ada di Yogyakarta akan kita pentaskan di Gunungkidul, Sendratari Ramayana, dan Wayang Kampung Sebelah untuk memeriahkan acara,” jelasnya.
Ristu berharap, Festival Kesenian Yogyakarta ke-26 ini menjadi ajang pelestarian budaya lokal yang ada, sehingga seniman dapat meningkatkan krativitasnya. “Seniman butuh ruang dan waktu untuk menujukan karya dan di sinilah tempatnya,” papar Ristu.
Dalam pembukaan, FKY Gunungkidul mengirim dua group kesenian Gong Kayangan yang berasal dari Nglipar serta kesenian jathilan dari Ngawen. Dua group kesenian ini bakal mengikuti kirab dari Jl Jenderal Sudirman, tepatnya dari jembatan Gondolayu ke arah barat dan berakhir di Parkir PLN Mangkubimi. (Juju/Tty)

Komentar

Komentar