Dishubkominfo Layani Pendaftaran Program Domain Gratis

oleh -
Kasi Informatika Dishubkominfo Gunungkidul, Suprapto. KH/ Kandar.
iklan dispar
Kasi Informatika Dishubkominfo Gunungkidul, Suprapto. KH/ Kandar.
Kasi Informatika Dishubkominfo Gunungkidul, Suprapto. KH/ Kandar.

WONOSARI, (KH)— Pemerintah melalui Kementrian Kominfo telah merealisasikan program 1 juta domain gratis. Program ini ditujukan kepada beberapa sasaran diantaranya, Desa, Sekolah SMP/SMA sederajat / LPK, Komunitas, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Pondok Pesantren.

Disampaikan Kasi Informatika, Dishubkominfo Gunungkidul, Suprapto, intansi atau lembaga dan UMKM yang menginginkan layanan ini diminta proaktif. Di informasikan untuk Gunungkidul terdapat dua relawan IT pendamping program 1 juta domain.

Selain dapat mendaftar melalui relawan, pihaknya juga bersedia memfasilitasi. “Sudah disampaikan ke SKPD, lembaga sasaran serta UMKM, saat ini kita menunggu pendaftaran secara akumulatif melalui asosiasi binaan SKPD,” kata Suprapto, Kamis, (28/7/2016).

Lanjut Suprapto, tahun ini untuk wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah Bagian Selatan Dan Jawa Barat termsuk DIY disediakan 350.000 domain. Kemudian ditahun selanjutnya, 2017 mendatang juga direalisasikan dalam jumlah yang sama.

“Kemudian sisanya tahun 2018, yakni 300.000 domain,” imbuhnya.

Menurutnya, peluang ini patut direspon dengan antusias baik bagi lembaga atau instansi yang akan mengenalkan keberadaannya melalui internet, lantas bagi UMKM dan dunia usaha tentu hal ini dapat menunjang perkembangannya dengan sistem pemasaran on line.

Sementara itu dihubingi terpisah, relawan IT/ pendamping, Azzam Muhammad Bayhaqi mengungkapkan, program yang direncanakan berakhir hingga tahun 2018 ini memberikan fasilitas gratis selama 1 tahun berupa domain, hosting, preload content website, pelatihan/ pendampingan bagi 1 juta sasaran program.

“Mendaftar secara mandiri juga bisa tanpa melalui paguyuban atau asosiasi,” jelas dia.

Mengenai informasi resmi bisa dilihat melalui website resmi http://1juta.id, sedangkan pendaftaran langsung melalui pendamping untuk wilayah DIY dapat mengisi formulir di s.id/1jutadomainjogja, sedangkan wilayah nasional di s.id/1jutadomainnasional. (Kandar)

Komentar

Komentar