Dinas Pertanian Dan Pangan Bangun Sumur Irigasi Di Playen

oleh -
Peresmian pembangunan sumur bor untuk irigasi oleh Kepala DPP, Ir Bambang Wisnu Broto. KH.
iklan dispar

PLAYEN, (KH),– Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul, Ir.Bambang Wisnu Broto meresmikan bagunan sarana irigasi berupa sumur dalam di Dusun Banaran 2, Desa Banaran, Kecamatan Playen, Gunungkidul pada hari Senin, (16/12/19).

Pengembangan irigasi air tanah oleh (DPP) Gunungkidul bagi Kelompok Tani (Poktan) Manunggal Sawitri tersebut merupakan antisipasi perubahan iklim yang berisiko merugikan pertanian. Seperti misalnya terjadinya jeda hujan ataupun bencana kekeringan.

Ir.Bambang Wisnu Broto berharap, keberadaan sumur bor bisa menambah luasan tanam berbagai tanaman pertanian selepas musim tanam pertama.

“Diharapkan dapat dioptimalkan pada musim tanam padi kedua dan sayuran di musim ketiga. Mudah-mudahan produktifitasnya juga meningkat,” harap dia.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya menghimbau untuk segera membentuk pengelola pemakai air (P3A). Agar air kedepan bisa dikelola dengan baik.

Dalam laporannya, Poktan mengawali kegiatan pembangunan sumur bor dengan melakukan survey Geolistrik untuk menemukan titik sumber air. Kemudian dilanjutkan pengeboran sehingga keluar air dengan debit 2.5 lt per detik. Kemudian dilanjutkan pembangunan bak penampungan brikut saluran distribusi.

Sementara itu, Lurah Banaran memohon agar bangunan sarana air yang ada bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga mampu menghasilkan produk komoditas bernilai. (Kandar)

Komentar

Komentar