Beasiswa SMK 4.0: Siapkan Kemampuan Data Science Siswa SMK

oleh -
Talkshow SMK 4.0 yang digelar Sadasa Academy. KH
iklan dispar

YOGYAKARTA, (KH),– Sadasa Academy sebagai akselerator data science mengadakan program beasiswa SMK 4.0. Pembukaan program beasiswa ini dilaksanakan simbolis, Senin, (16/12/2019) di Jogja Digital Valley.

Selain launching program beasiswa, bersamaan juga digelar talkshow SMK 4.0. Dalam talkshow setidaknya terdapat lima pembicara, yaitu Azmiansyah, Pendiri Medika Digital Nusantara, Aryo Wiryawan, Pendiri Jala Tech, Donni Prabowo, Direktur Bisnis dan Kemitraan Amikom Business Park (ABP), Hidayat Amri, Pendiri Andronity Solo, dan Krisostomus Nova Rahmanto, Pendiri SADASA Academy.

Nova Rahmanto mengatakan, Beasiswa SMK 4.0 merupakan program SADASA Academy untuk mengenalkan dan meningkatkan kemampuan siswa SMK di bidang data science.  Hal tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi yang cepat, juga terjadi dinamika ketenagakerjaan dalam bidang profesi.

“Bidang data science merupakan salah satu pekerjaan yang dibutuhkan pada industri 4.0. Potensi siswa SMK patut disiapkan untuk menjadi SDM siap kerja di berbagai macam bidang industri, kemampuan data science sangat dibutuhkan,” kata Nova.

Lebih jauh disampaikan, program beasiswa SMK 4.0 tidak hanya melatih siswa di bidang data science. Akan tetapi, program ini juga menyiapkan para siswa untuk siap bersaing di dunia industri melalui program magang dan penyaluran kerja.

Beasiswa SMK 4.0 dimulai dengan proses seleksi siswa SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. Setelah proses seleksi, para peserta akan mengikuti pelatihan data science dan disalurkan ke industri. Siswa SMK yang dapat mengikuti program beasiswa SMK 4.0 berasal dari Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Dalam kegiatan talkshow setidaknya dihadiri 50 peserta yang terdiri dari koordinator sekolah dan siswa dari berbagai SMK di Yogyakarta. (Nurul)

Komentar

Komentar