Dekranasda DIY Diskusi Bersama Pengrajin Sawahan

oleh -
Foto : Hari
kadhung tresno
Foto : Hari
Diskusi Dewan Kerajinan Nasional Daerah. Foto : Hari

PONJONG, (KH) — Dewan Kerajinan Nasional Daerah DIY (Dekranasda) mengadakan diskusi bersama para pengrajin batu mulia Sawahan yang bertempat di Balai Desa Sawahan, Kecamatan Ponjong, Sabtu (25/4/15). kegiatan ini dihadiri oleh Deskranasda Kabupaten Gunungkidul serta Camat Ponjong beserta rombongan.

Dalam acara tersebut Ketua Dekranasda DIY, Gusti Kanjeng Ratu Hemas dijadwalkan datang. Akan tetapi karena ada agenda kegiatan lain, hanya diwakilkan oleh rombongan dari Dekranasda DIY . Rombongan tiba di Desa sawahan sekitar pukul 13.00, dan langsung meninjau showroom batu mulia yang berada di Padukuhan Sendang 2. Rombongan tidak hanya meninjau lokasi; melihat proses pembuatan; serta pemolesan batu akik, akan tetapi juga membeli sejumlah batu yang bermacam-macam.

Agenda kemarin tidak hanya meninjau showroom yang telah diresmikan langsung oleh Gubernur pada Selasa (17/3/15), tetapi juga melihat perkembangan serta mengadakan diskusi bersama para pengrajin untuk mendengar keluh kesah para pengrajin yang dialami sekarang ini.

Dalam sambutanya Pj. Kades Sawahan, Bowo Sutrisno mengatakan, banyak perubahan yang terjadi setelah dibukanya showroom batu mulia di Desa Sawahan. Terjadi peningkatan penghasilan pengrajin. Bowo juga mengucapkan terima kasih kepada pihak terkait yang telah ikut andil di dalamnya.

“Beriringan dengan meningkatnya pesanan dan penjualan batu akik khas sawahan ini, ada kebimbangan dari para pengrajin, yaitu tentang emban. Pengrajin kesulitan untuk mencari partner yang pas agar bisa mengimbangi dengan jumlah pesanan yang cukup tinggi,” tambah Bowo. Minggu (26/4/15).

Ketua Dekranasda domisioner Dra. Hj. Zultiyanti Immawan Wahyudi dalam sambutannya, sangat mengapresiasi kemajuan yang ada di sawahan, dan juga berharap ada penambahan keahlian dan pembinaan pengrajin agar bisa lebih maju lagi dan bisa bersaing di dunia luar.

Dalam diskusi tersebut dari perwakilan pengrajin Dukuh Sendang 2, Supardi memaparkan aspirasi dari para pengrajin berkaitan dengan permasalahan tentang emban. Para pengrajin kebingungan dan berharap ada pelatihan emban atau tata cara pembuatan embang. Ingin tahu tentang tata cara mengolah batu, karena tingkat kekerasan batu yang sangat beragam dan juga cara mengukur kekerasan batu yang berbeda.

Dari perwakilan pihak Dekranasda DIY sendiri mengatakan, akan membawa aspirasi para pengrajin ini ke pertemuan Dekranasda DIY berikutnya bersama GKR Hemas yang saat ini masih ada agenda yang lain, dan segera akan menindak lanjuti aspirasi dan akan mencarikan solusi terbaik. (Hari)

Komentar

Komentar