Cek Kesehatan Gratis, Diserbu Warga

oleh -
kadhung tresno

SEMIN, Kabarhandayani; Puluhan warga Padukuhan Sulur I dan Sulur II, Desa Kemejing, Kecamatan Semin mengikuti tes kesehatan gratis yang diadakan oleh mahasiswa KKN Tematik (UST) Yogyakarta, Kamis (15/5/2014).

Pulung Zaelani Ketua KKN UST Padepokan 61 mengatakan, cek kesehatan gratisĀ  yang meliputi pengukuran berat badan, pengecekan tensi darah, cek gula darah, dan cek asam urat dilaksanakan khusus untuk lansia yang ber umur 46 tahun ke atas.

“Acara ini dilaksanakan berdasarkan hasil dari musyawarah perencanaan program kerja mahasiswa KKN UST dengan masyarakat. Selain pengecekan kesehatan, kita juga menggelar bimbingan pendidikan,” kata Pulung seusai acara.

Pulung menambahkan, acara yang dimulaiĀ  pukul 12.30 WIB dan berakhir pukul 17.00 Wib, diikuti oleh 88 lansia. Lansia yang mengikuti tes kesehatan tersebut rata-rata telah terdaftar di Posyandu Lansia. Dia berharap, setelah mendapat hasil cek, para lansia segera menindak lanjuti hasil cek tersebut ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Terpisah, Jayadi Dukuh Sulur I menungkapkan, pemahaman pentingnya kesehatan oleh masyarakat di wilayahnya memang masih sangat minim. Masyarakat pada umumnya selalu merasa sehat hingga merasa tidak perlu melakukan pemeriksaan.

“Mereka akan memeriksakan ke dokter atau Puskesmas terdekat setelah mereka jatuh sakit. Jadi acara semacam ini harus sering dilaksanakan agar masyarakat semakin sadar akan pentingnya kesehatan,” pungkas Jayadi.

Penulis: Juju. Editor: Jjwidiasta.

Komentar

Komentar