Bupati : Galeri Batu Mulia Titik Awal Kebangkitan Ekonomi Desa Sawahan

oleh -
iklan dispar
Kunjungan-Bupati
Bupati meninjau persiapan peresmian Galeri Batu Mulia

PONJONG,(KH) — Ketua pelaksana penerima hibah Gubernur, Bambang Herianto menyambut rombongan Bupati Gunungkidul yang didampingi asisten 2 Sekda dan perwakilan dari SKPD, Kamis (12/3/2015) dalam rangka meninjau langsung persiapan menyambut kedatangan Gubernur DI Yogyakarta di Desa Sawahan, Ponjong .

Dalam kunjungannya kali ini Bupati hanya meninjau ulang setelah pada tanggal 6 Maret 2015 kemarin telah diadakan koordinasi bersama Sekda, dan menekankan kalau persiapan harus benar-benar matang karena yang akan datang adalah Gubernur.

Bupati juga menegaskan bahwa dibangunnya gedung galeri ini sebagai titik awal kebangkitan Desa Sawahan, baik dari segi ekonomi, meningkatnya kemampuan SDM karena telah diadakan pelatihan batu mulia, juga mengurangi pengangguran karena tersedianya bantuan modal pengrajin nantinya.

Kerajinan batu akik di Desa Sawahan memang sudah berlangsung lama akan tetapi beberapa bulan terakhir semakin banyak saja peminat batu akik yang membuat harga jual semakin tinggi sehingga perlu adanya perlindungan untuk menjaga eksistensi sehingga dibangunlah Gedung Galeri Batu Akik.

Bupati Gunungkidul Badingah juga mengatakan bahwa Pemkab Gunungkidul akan mendorong usaha perajin batu akik Desa Sawahan sebagai sentra industri kerajinan batu akik di Gunungkidul.

Bambang Herianto selaku ketua pelaksana penerima bantuan hibah dan pembangunan gedung saat ditemui di tempat yang sama mengatakan bahwa merasa sangat senang dan bangga karena dengan adanya pembangunan gedung ini akan mengurangi angka penjualan bahan mentah dengan jumlah banyak keluar daerah tanpa sepengetahuan pemerintah desa.

“Sangat bangga, karena dari pihak kecamatan dan kabupaten mulai dari proyek pembangunan sampai saat ini sangat membantu dan memberikan masukan  terutama dalam persiapan peresmian yang agendanya akan diresmikan oleh Gubernur DI Yogyakarta,” ungkap Bambang. (Hari)

Komentar

Komentar