Aktivis Siapkan Dukungan Koin Untuk Mbah Harso

oleh -
Mbah Harso. Foto : Juju
iklan dispar
Mbah Harso. Foto : Juju
Mbah Harso. Foto : Juju

WONOSARI, (KH) — menjelang pembacaan vonis kasus pencurian kayu dengan terdakwa Harso Taruna (76) sejumlah dukungan terus mengalir. Sejumlah aktivis mengumpulkan koin untuk membantu membayar denda dalam proses hukum kakek warga Saptosari ini.

Penasehat hukum Harso Taruno sekaligus anggota Ikaragil, Suraji Noto Suwarno, Rabu (11/3/2015) mengatakan, koin yang terkumpul akan digunakan untuk membayar denda, jika majelis hakim memutuskan harus membayar denda terhadap kakek sepuluh cucu tersebut.

Dia menjelaskan, koin yang dikumpulkan oleh Ikatan Anak Rantau Gunungkidul (Ikaragil) jumlahnya mencapai Rp1,1 juta. “Koin dukungan ini sudah dikumpulkan dari beberapa kota seperti Jakarta, Semarang dan Tangerang,” ungkap Suraji.

Koin tersebut, kata Suraji sebagai bentuk dukungan moril terhadap Harso taruno. Selain koin, Ikaragil juga akan memberikan sepasang ayam kampung. Mereka berharap ayam yang dipelihara oleh kakek enam putra ini dapat beranak pinak dan mampu mencukupi kebutuhan hidupnya.

“Tidak semua koin yang terkumpul akan kita berikan, uang yang diberikan hanya sesuai dengan besaran denda yang diputuskan majelis hakim,” papar Suraji.

Selain itu, pada Minggu (15/3/2015) bentuk lain dukungan kasus Harso Taruna akan digelar dengan membagikan sticker. Pembagian sticker kepada pengguna jalan akan digelar di komplek Pemkab Gunungkidul.

Terpisah, Aktivs Jejaring Rakyat Mandiri (Jerami) Rino Caroko menambahkan, pihaknya juga akan menggelar aksi serupa sebagai wujud dukungan kepada Mbah Harso. “Rencananya, penggalangan koin akan dilakukan saat sidang putusan yang akan digelar pada Selasa ( 17/3) mendatang,” katanya. (juju)

Komentar

Komentar