Bulan Teknologi BPTBA LIPI 2017, Pemasyarakatan Iptek Gencar Dilakukan

oleh -
Bulan Teknologi LIPI diisi beragam kegiatan pengenalan hasil iptek kepada masyarakat. KH
iklan-idul-fitri-smkn3-wno
Bulan Teknologi LIPI diisi beragam kegiatan pengenalan hasil iptek kepada masyarakat. KH

GUNUNGKIDUL, (KH),– Balai Peneitian Teknologi Bahan Alam, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (BPTBA LIPI) sebagai satuan kerja pelaksanaan teknis telah banyak melakukan layanan kerja sama baik kerja sama pengembangan produk, penelitian, jasa teknologi, konsultasi maupun pendidikan dan pelatihan.

Sejak dua tahun terakhir, BPTBA LIPI telah menyelenggarakan kegiatan open house dan diseminasi dalam bentuk PekanTeknologi, pada tahun 2015 dan BulanTeknologi pada tahun 2016. Bertepatan dengan Ulang Tahun Emas LIPI yang ke 50 kali ini kegiatan Bulan Teknologi 2017 digelar.

iklan kejari

Sebagaimana disampaikan Kasie Layanan Jasa dan Informasi BPTBA LIPI, Ema Damayanti, M. Biotech, kegiatan dilaksanakan dalam rangka terus meningkatkan kinerja BPTBA LIPI khususnya implementasi hasil riset yang merupakan bagian dari tanggung jawab LIPI kepada masyarakat, hal tersebut penting dilakukan interaksi secara intensif dan mendalam dengan berbagai stakeholder di masyarakat melalui kegiatan bulan teknologi.

“Kegiatan tahun ini bertema “Kiprah 50 tahun LIPI dengan Budayakan Teknologi untuk Mendukung Pemanfaatan Bahan Alam yang Berdaya Saing“,” kata Ema belum lama ini.

Lanjut Ema, Kegiatan Bulan Teknologi ini juga dilaksanakan dalam rangka pemasyarakatan hasil iptek dan layanan teknologi BPTBA LIPI, dan untuk memberikan informasi agar masyarakat mengenal lebih dekat LIPI yang ada di daerah.

Harapannya, Bulan Teknologi ini dapat menjadi sarana pengenalan dan pembinaan Iptek serta sosialisasi hasil-hasil penelitian bagi masyarakat khususnya bagi Industri baik Kecil maupun Menengah (UMKM), Pemerintah Daerah dan Pusat, Instansi Pemerintah terkait dan kalangan akademisi, lembaga keuangan dan kelompok masyarakat secara luas sehingga meningkatkan peluang terjadinya kerjasama baik kerjasama penelitian dan pengembangan teknologi / produk maupun implementasi hasil riset.

Bulan Teknologi 2017 ini juga merupakan rangkaian dari sosialisasi dan branding kegiatan Pusat Unggulan IPTEK “Teknologi Pengemasan Makanan Tradisional ” BPTBA LIPI dalam bentuk Traditional Food Festival dalam bentuk pameran produk – produk makanan tradisional dari UKM yang bekerjasama dengan BPTBA LIPI dalam pengembangan produknya. Kegiatan itu juga dirangkai dengan Forum UKM dan Workshop Desain Pengemasan Produk Makanan bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Beberapa rangkaian Puncak Acara Bulan Teknologi BPTBA LIPI 2017 dilaksanakan di Taman Pintar dan HOM Platinum Hotel Yogyakarta. Puncak acara pada Jumat 8 September 2017 bertempat di Pytagoras Hall Taman Pintar, direncanakan akan dihadiri oleh Walikota  Yogyakarta, Haryadi Suyuti dan dibuka secara resmi oleh Deputi ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Dr. Laksana Tri Handoko yang pada kesempatan ini mewakili Kepala LIPI.

Pada kesempatan yang sama akan dilakukan penandatanganan naskah kerjasamaantara LIPI dan Walikota Yogyakarta sebagai bentuk dukungan LIPI terhadap pengembangan IPTEK untuk Kota Yogyakarta. Kegiatan pembukaanakan dirangkai dengan acara Media Briefing oleh Kepala BPTBA LIPI, Hardi Julendra, M.Sc dan Deputi IPT LIPI, Dr. Laksana Tri Handoko terkait dengan Pusat Unggulan IPTEK “Teknologi Pengemasan Makanan Tradisional” dan launching katalog produk unggulan BPTBA LIPI.

Masih dalam rangkaian kegiatan bulan teknologi, digelar open house dan mini demo teknologi dilaksanakan pada tanggal 7 – 10 Agustus 2017 di BPTBA LIPI dengan agenda kegiatan menerima kunjungan sekolah-sekolah dan Perguruan Tingggi di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. (Kandar)

ucapan kh

Komentar

Komentar