Budayawan dan Pelaku Seni Gunungkidul Terima Penghargaan

oleh -
Reog keprajuritan khas gagrak Gunungkidul. KH/Andriyani.
Reog keprajuritan khas gagrak Gunungkidul. KH/Andriyani.
Reog keprajuritan, reog khas gagrak Gunungkidul. KH/Andriyani.

WONOSARI,(KH) — Budayawan dan para seniman Gunungkidul  yang selama ini berjasa dalam kemajuan seni dan budaya di bumi Handayani mendapat penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

Budayawan dan pelaku seni yang mendapat penghargaan di antaranya Karto Utomo (alm) warga Dusun Tawarsari, Wonosari, yang sangat berjasa dalam bidang kesenian kethoprak. Hadi Sumarsihono (alm) yang merupakan pelestari budaya upacara adat Gubug Gede warga Desa Ngalang Kecamatan Gedangsari. Suripto warga Desa Wareng Kecamatan Wonosari yang berjasa dalam pengembangan seni kerawitan. Kemudian, Yohanes Sutopo warga Dusun Jeruksari Wonosari mendapat penghargaan karena berjasa dalam bidang pengembangan seni tari.

Bupati Gunungkidul Badingah dalam kesempatan tersebut mengharap jasa dan kiprah para seniman yang sebagian sudah almarhum ini, dapat terus dikembangkan. Pemberian penghargaan diharapkan perlu sebab jasa mereka sangat besar bagi pembangunan Gunungkidul.

“Jasa mereka ini sangat besar bagi pembangunan di Gunungkidul, utamanya melalui karya seni atau pelestarian budaya,” kata Badingah.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Dewan Kebudayaan Gunungkidul, Dwijo Winarto  Kamis (11/6/2015) menambahkan, penghargaan tidak hanya dalam bentuk sertifikat, tetapi juga uang masing-masing Rp 10 juta. (Juju)

Komentar

Komentar