Bersama Janaloka, Relawan Kadhung Trisna Beri Edukasi Cegah Covid -19 Di Pasar Candirejo

oleh -
Sutrisna Wibawa memberikan masker ke pengunjung pasar. (KH/ Kandar)
iklan-idul-fitri-smkn3-wno

SEMIN, (KH),– Bertujuan untuk terus mengingatkan masyarakat agar selalu mentaati protokol kesehatan dalam pencegahan Coronavirus Diseae 2019 (Covid-19), Relawan Kadhung Trisna terjun ke pasar menggelar kegiatan edukasi kesehatan.

Agenda yang diwarnai pembagian masker, hand sanitizer dan penyemprotan disinfektan tersebut dilaksanakan di Pasar Candirejo, Semin, Gunungkidul. “Di Gunungkidul telah terjadi tansmisi lokal penularan Covid-19, Sudah selayaknya masyarakat semakin waspada,” kata penggagas relawan Kadhung Trisna, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd., Sabtu, (9/5/2020) pagi.

iklan kejari

Sebelumnya, ungkap Sutrisna  Wibawa, kegiatan serupa juga digelar di pasar-pasar tradisional lain di Gunungkidul. Pihaknya mengaku prihatin, di tengah pasar yang cukup ramai masih banyak ditemui warga tidak pakai masker.

“Jika terpaksa ke luar rumah, kami harap warga memakai masker dan jangan berkerumun. Di rumah, warga juga agar menjaga pola hidup bersih dan sehat,” tegas Sutrisna.

Menurut mantan Sekretaris Ditjen Belmawa Kemenristek Dikti ini, jika masyarakat menjaga pola hidup sehat secara tertib serta menjaga phisycal distancing secara sungguh-sungguh,  risiko tertular Korona semakin kecil.

“Lebih baik mengantisipasi. Kami berharap kasus positif korona di Gunungkidul tidak bertambah,” harap rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini.

Di luar itu, Sutrisna juga menekankan, jika ada warga yang harus menjalani isolasi mandiri maka harus benar-benar patuh terhadap prosedur. Diantaranya tidak berinteraksi dengan anggota keluarga. Sebab, jika tidak, akan berisiko menularkan kepada anggota keluarga.

Dalam kegiatan aksi sosial kali ini Relawan Kadhung Trisna didampingi politikus PAN, Mahmud Ardi Widanto serta ketua Paguyuban Dukuh Gunungkidul, Janaloka, Anjar Gunantoro. (Kandar/Adv)

hut gk kh

Komentar

Komentar