Berbincang Dengan Siswa, Pak Menteri Beri Motivasi

oleh -
Yuddy Chrisnandi saat berbincang dengan siswa SMK N 3 Wonosari. KH/ Kandar
iklan dispar
Yuddy Chrisnandi saat berbincang dengan siswa SMK N 3 Wonosari. KH/ Kandar
Yuddy Chrisnandi saat berbincang dengan siswa SMK N 3 Wonosari. KH/ Kandar

WONOSARI, (KH)— Kunjungannya ke Gunungkidul, Selasa, (19/4/2015), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi melihat langsung seperti apa dua inovasi yang masuk penghargaan tingkat nasional itu.

Salah satu diantaranya adalah One Stop Service Toilet (OSST) di SMKN 3 Wonosari. Selain adanya Toilet Bersih Sehat Jujur (BSJ), pengembangan dari inovasi ini yakni dengan meningkatkan kepedulian warga sekolah terhadap kesehatan reproduksi.

Sekolah membuat Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Sejahtera Masa Depan (SEDAN). Menempati salah satu ruang khusus, SEDAN ini diproyeksikan sebagai sumber informasi program Generasi Berencana (GenRe).

“Juga sebagai wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan ketrampilan remaja dalam mewujudkan GenRe,” kata innovator, Cahyaningsih.

Salah satu materi layanan di dalam SEDAN ini sebagai lanjutan adanya toilet BSJ, yakni terkait kesehatan reproduksi. Salah satu kegiatan didalamnya ialah siswa yang menjadi kader memberikan pendidikan sebaya dan konselor sebaya.

“Konsultasi dengan remaja seumuran tentang kesehatan reproduksi, anak lebih leluasa atau tidak canggung,” lanjut Cahyaningsih.

Pada kesempatan tersebut Menteri menyempatkan masuk ke ruangan SEDAN, melihat langsung apa yang dilaksanakan, Sekaligus berbincang dan memberikan beberapa pesan motivasi kepada siswa.

Sesuai misi toilet BSJ, yakni kejujuran, siswa yang ingin sukses, kata Yuddy, siswa harus menjaga integritas.

“Mau sukses kelak, jangan mudah menyerah, selalu tambah dan kembangkan ilmu pengetahuan,” kata dia sambil duduk bersama siswa.

Selain itu, memegang teguh kejujuran, kuatnya iman, disiplin dalam beribadah juga menjadi bagian ikhtiar untuk mencapai keberhasilan. (Kandar)

Komentar

Komentar