Benyamin Sudarmadi Deklarasi Siap Ikuti Pilbup Lewat Jalur Independen

oleh -
Benyamin Sudarmadi deklarasikan diri maju Pilbub Gunungkidul. Dok: KH.
kadhung tresno
Benyamin Sudarmadi deklarasikan diri maju Pilbub Gunungkidul. Dok: KH.
Benyamin Sudarmadi deklarasikan diri maju Pilbup Gunungkidul 2015-2020. Dok: Andri.

TANGERANG KOTA,(KH),– Ketua Umum IKG Benyamin Sudarmadi SH MSi mendeklarasikan, dirinya siap maju dalam kontestasi Pemilihan Bupati Gunungkidul 2015-2020 melalui jalur perorangan atau jalur independen. Pernyataan tersebut disampaikan saat menyampaikan sambutan acara ulang tahun ke-2 IKG Korwil Tangerang Raya bertempat di aula Kalurahan Kreo Ciledug Kota Tangerang, Minggu malam (15/3/2015).

“Dengan mengucap bismillah, dengan puji nama Tuhan, malam ini saya nyatakan, bahwa saya siap maju dalam pemilihan Bupati Gunungkidul 2015-2020. Mohon doa restu bapak ibu semuanya, para sesepuh IKG, dan para warga Gunungkidul baik yang di perantauan maupun di Gunungkidul,” ucapnya.

Benyamin mengakui, keputusannya untuk maju mengikuti pemilihan bupati ini melalui proses yang cukup lama. Dalam beberapa kesempatan ia menyatakan bahwa dirinya belum siap memenuhi dorongan beberapa elemen warga Gunungkidul maupun warga di perantauan agar dirinya maju mengikuti pemilihan bupati. Setelah melalui pembicaraan dalam keluarga, akhirnya Benyamin menyatakan siap maju ke pemilihan bupati mendatang.

“Setelah dari tahun 2002 saya dipercaya memimpin IKG, saya mendapatkan pelajaran penting dari para perantau Gunungkidul, terutama para sesepuh dan para pengurus sebelumnya, bahwa hidup adalah bersedekah. Itu yang memantapkan saya untuk maju dalam Pilbub mendatang. Masalah berhasil menjadi bupati itu nanti. Bagi saya, bisa terpilih itu berarti bonus dalam hidup saya. Yang penting, saya bersedia maju dalam menjalankan prinsip bersedekah, memberikan hidup saya untuk bersama-sama membawa kemajuan Gunungkidul,” ucap Benyamin yang disambut tepuk meriah penuh semangat warga IKG yang hadir.

Merespon deklarasi tersebut, Wakil Ketua IKG Drs Edi Sukirman dan Sekjen IKG H Sambiyo MSi menyambut baik niat Benyamin untuk mengikuti kontestasi Pemilihan Bupati Gunungkidul melalui jalur perorangan atau sering disebut jalur independen.

“Mari bapak ibu, malam hari ini kita doakan niat baik Pak Ben yang akan maju mengikuti proses pilbub di Gunungkidul. Semoga usaha Pak Ben maju secara perorangan ini diberkahi dan lancar. Menjadi prinsip kita warga perantauan untuk selalu guyub rukun nyambut gawe bebarengan,” sambut Edy Sukirman.

Lebih lanjut, Edy Sukirman menerangkan, bahwa paguyuban warga perantau asal Gunungkidul merupakan organisasi paguyuban warga yang didirikan para perantau sejak tahun 1970. Peran dan karya bakti IKG cukup diperhitungkan baik di tanah rantau maupun di tanah asal. Kerukunan dan kegotongroyongan warga perantauan ini menurutnya menjadi ciri khas IKG. Ini tercermin dari adanya iuran anggota dalam setiap kegiatan perkumpulan di kelompok-kelompok wilayah.

Iuran warga dan juga kegiatan usaha warga perantau ini yang menjadi sumber pembiayaan kegiatan sosial dan sedekah yang dilaksanakan. Di Jakarta, IKG juga memiliki Yayasan Pendidikan Budi Harapan yang menyelenggarakan pendidikan dari TK sampai SMP di kawasan Kalimalang Jakarta Timur.

Kepada KH, Benyamin menyatakan bahwa dirinya maju tidak dilandasi politik transaksional, tetapi berani maju mengikuti proses pilbub karena menyediakan diri untuk bersama-sama warga membangun Gunungkidul. Ia mengaku, bahwa langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai calon independen untuk mengikuti proses pilbub ini panjang dan cukup berat.

“Dalam 2,5 bulan ini saya harus membuktikan bahwa ada dukungan minimal 7% dari jumlah penduduk Gunungkidul. Itu berarti terbukti dalam bentuk dukungan surat pernyataan dan copy KTP kurang lebih 50-ribuan warga Gunungkidul. Saya harus berjuang keras. Mohon dukungannya,” pungkasnya. (Andriani).

Komentar

Komentar