BAPPEDA Gunungkidul Siapkan Rp 45 Juta Sebagai Hadiah Lomba Kreativitas dan Inovasi

oleh -
Kepala Bidang Litbang dan Pengendalian Bappeda Kabupaten Gunungkidul, Rismiyadi, SP., M.Si.,

GUNUNGKIDUL, (KH),– Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Gunungkidul menggelar Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenovamaskat) tahun 2021. Lomba kali ini bertema ‘Mengabdi Melalui Inovasi Hadapi Era Adaptasi Tatanan Baru’.

Kepala Bidang Litbang dan Pengendalian Bappeda Kabupaten Gunungkidul, Rismiyadi, SP., M.Si., menjelaskan Krenovamaskat adalah kreativitas dan inovasi masyarakat yang berupa kegiatan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi masyarakat Kabupaten Gunungkidul dalam bentuk karya penelitian, pengembangan, dan atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis dalam konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti ilmu teknik, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial termasuk pemanfaatan teknologi tepat guna.

Lomba digelar, sambung dia, guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan. Pemberdayaan masyarakat perlu ditingkatkan melalui peningkatan kompetensi sumberdaya sehingga mempunyai posisi tawar yang tinggi. Sebagaimana misi pembangunan Kabupaten Gunungkidul yaitu mewujudkan peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang mempunyai daya saing, penguasaan, pemanfatan dan penciptaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mempunyai kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan.

“Lomba dibagi 3 kategori, untuk masyarakat umum, Aparatur Sipil Negara dan siswa sekolah. Untuk siswa dapat diikuti kelompok dengan dua kategori, yakni olahan makanan dan kelompok sains dan teknologi,” terang Rismiyadi, Rabu (03/03/2021).

Lebih jauh disampaikan, tujuan digelarnya kegiatan lomba tersebut yakni untuk memberikan motivasi kepada masyarakat, dunia pendidikan, lembaga, penggiat ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kinerja dalam mendukung kreativitas dan inovasi masyarakat Kabupaten Gunungkidul.

Selain itu juga untuk menumbuhkan, menguatkan, dan memandirikan kelembagaan melalui pemanfaatan teknologi tepat guna di Kabupaten Gunungkidul.

“Serta untuk memperluas pemanfaatan hasil kreativitas dan inovasi masyarakat sesuai kebutuhan masyarakat,” jelas Rismiyadi.

Adapun hadiah lomba berupa tropi, piagam dan uang pembinaan. Berikut besaran uang pembinaan untuk masing-masing kategori; kategori Masyarakat Umum : Juara I Rp 5.000.000,00, Juara II :Rp 4.000.000,00, Juara III : Rp 3.000.000,00. Kategori ASN Juara I : Rp 4.000.000,00, Juara II : Rp 3.000.000,00, Juara III : Rp 2.000.000.

Kategori siswa kelompok olahan makanan untuk Juara I disediakan : Rp 5.000.000, Juara II : Rp 4.000.000, Juara III : Rp 3.000.000. Sementara kategori Siswa Sekolah kelompok sains dan teknologi untuk Juara I : Rp 5.000.000, Juara II : Rp 4.000.000, dan Juara III : Rp 3.000.000.

“Yang jelas hasil karya yang diusulkan belum pernah mendapatkan penghargaan,” imbuh Rismiyadi.

Pelaksanaan Krenovamaskat Kabupaten Gunungkidul tahun 2021 dimulai dengan pengumuman dan sosialisasi. Untuk pendaftaran wajib dilakukan secara online di bit.ly/krenova2021. Sementara dokumen seleksi hardcopy disampaikan ke sekretariat Krenovanaskat di Kantor BAPPEDA Gunungkidul mulai tanggal 19 Januari hingga paling lambat 21 Mei 2021 pukul 12.00 WIB. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar