Personel Kodim 0730 Gunungkidul Terima Vaksinisasi Gelombang Pertama

oleh -
Pelaksanaan vaksinasi di Kodim 0730 Gunungkidul. (KH/ Edi Padmo)

WONOSARI, (KH),— Vaksinasi dalam upaya menghentikan Pandemi Covid19 terus berlanjut. Kali ini vaksinasi diperuntukkan bagi personel Kodim 0730, Gunungkidul. Bertempat di aula Kodim 0730, vaksinasi dilaksanakan Selasa (2/3/2021) oleh petugas kesehatan Klinik Pratama Kartika Kodim 0730 Gunungkidul.

Kepala Klinik Kartika,  Serma Sugiyanto AMD mengatakan, vaksinisasi yang dilakukan merupakan tahap pertama untuk personel Kodim 0730 Gunungkidul.

“Untuk tahap pertama ini, kami prioritaskan bagi para petugas yang terlibat dalam PPKM Mikro, diantaranya adalah Babinsa yang ditempatkan di 144 Kalurahan di Gunungkidul,” terangnya.

Sugiyanto melanjutkan, untuk vaksinasi personel militer ditahap pertama akan diberikan kepada 220 personel, meliputi 144 Babinsa dan petugas kesehatan yang menunjang PPKM mikro. Setelah itu akan dilanjutkan ke seluruh personel Kodim 0730 sebanyak 356 orang. Meliputi personel TNI dan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kodim 0730.

“Untuk tahap pertama 220 personel, pelaksanaanya direncanakan selama 2 hari. Jadi setiap hari rencananya 100 personel yang akan divaksin,” lanjutnya.

Setelah melalui rangkaian skrening test, diantaranya test kesehatan secara umum, tampak beberapa personel Babinsa menerima suntikan vaksin Sinovac. Namun, ada pula beberapa yang tidak lolos skrening test karena tensi darah yang melebihi ambang batas yang bisa menerima vaksin.

Babinsa Kalurahan Ngunut, Kapanewon Playen, Serda Agus Yurianto mengaku lega usai menerima Vaksin Sinovac.

Saat ditanya alasan bersedia menerima vaksin, Agus menjawab, bahwa disamping program tersebut merupakan perintah dari atasan, dia juga berharap dengan mengikuti program vaksinasi tersebut dapat membantu mempercepat penanganan Pandemi Covid19.

“Sebagai Babinsa yang setiap hari harus bersinggungan langsung dengan masyarakat banyak, saya berharap vaksinasi ini bisa melindungi saya, sekaligus melindungi orang lain,” ujar Agus.

Para personel Babinsa yang telah menerima vaksin, segera menerima kartu vaksin lantas beristirahat selama 30 menit menunggu dicek efek dan reaksi pasca menerima vaksin.

“Para personel yang hari ini sudah menerima vaksin, dijadwalkan akan menerima vaksin ke dua setelah 14 hari,” pungkas Sugiyanto. [Edi Padmo]

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar