Bansos Covid-19 Untuk Puluhan Ribu Warga Gunungkidul Mulai Dicairkan

oleh -
Penyaluran Bansos bagi warga terdampak Covid-19 di Bangsal Sewoko Projo. (KH)
iklan dispar

WONOSARI, (KH),– Launching penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI bagi warga Gunungkidul dilakukan Kamis, (14/5/2020) di Bangsal Sewoko Projo.

Penyaluran simbolis yang dilakukan bersama jajaran Forkompimda dan Dinas Sosial Gunungkidul ini mengawali penyerahan bantuan senilai Rp. 600.000 untuk 44.123 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan, bantuan tersebut untuk meringankan beban perekonomian masyarakat akibat pandemic Covid-19. Menurutnya, banyak warga Gunungkidul yang mudik karena PHK. Di samping itu banyak pula UMKM mengalami pemerosotan hasil.

“Dana akan diterima selama tiga bulan, yakni bulan April, Mei, Juni. Penggunaannya agar bijak, utamakan untuk memenuhi kebutuhan pokok berupa permakanan,” terang Badingah.

Hadir dalam launching penyaluran BST, Ketua DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih, menuturkan, pihaknya akan ikut memantau agar penyaluran BST berjalan sesuai ketentuan.

Senada dengan Badingah, BST diharap membatu kesulitan perekonomian masyarakat yang pendapatannya menurun bahkan hilang.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Diklat Kementrian Sosial Yogyakarta, Murhardjani menegaskan, BST diserahkan oleh pemerintah pusat melalui Kemensos untuk masyarakat yang benar-benar terdampak Covid-19.

“Selain menunjang pemenuhan kebutuhan pokok, BST juga untuk meningkatkan daya beli,” ujar Muhardjani.

Pihaknya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam penyaluran BST yakni dengan taat protokol kesehatan.

Adapun mekanisme penyaluran bantuan tersebut, sebanyak 5.446 akan disalurkan melalui bank HIMBARA (BTN, BNI, BRI, mandiri) lalu 38.677 disalurkan melalui Kantor Pos. (Kandar)

Komentar

Komentar