Bagian Garda Depan Penanganan Covid-19, Relawan Diperiksa Kesehatannya

oleh -
Pemeriksaan kesehatan relawan. (ist)
iklan dispar

WONOSARI, (KH),– Bagian dari garda depan dalam hal penanganan Coronavirus Diseae 2019 (Covid-19) sejumlah relawan diperiksa kesehatannya. Hal tersebut untuk memastikan kesiapan relawan bertugas di lapangan.

Belakangan ini, semenjak Virus Corona mewabah, relawan dari berbagai satuan memiliki intensitas kegiatan yang tinggi. Layaknya petugas medis, peran mereka tak dapat dikesampingkan dalam hal penanganan Covid-19. Hal tersebut disampaikan Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Immawan Wahyudi saat memantau pemeriksaan kesehatan relawan oleh petugas medis RSUD Wonosari, Rabu, (15/4/2020)

“Mereka (relawan) setiap hari melakukan kegiatan untuk meminimalisir penyebaran virus, diantaranya penyemprotan disikfektan, dan sosialisasi kepada masyarakat,” kata Immawan. Bahkan pernah pula bertugas menguburkan warga yang meninggal dunia sesuai protokol penguburan Covid-19.

Dalam tahap awal, belasan relawan dari Tagana dan Relawan Muhamamdiyah Covid-19 Command Centre (MCCC) diperiksa kondisi kesehatannya di aula rumah dinas Wakil Bupati Gunungkidul.

“Kami harap semua relawan nanti mendapat kesempatan diperiksa kesehatannya,” imbuh Immawan.

Agar kedepan mengurangi beban tenaga medis serta relawan, Immawan meminta kerjasama masyarakat agar mematuhi anjuran dan imbauan pemerintah, salah satunya tak beraktivitas di luar rumah ketika tak amat penting.

“Perlu penyegaran imbauan bahkan lebih keras lagi. Beberapa hari terakhir masyarakat sudah mulai banyak di luar rumah,” tukas dia. (Kandar)

Komentar

Komentar