Siap Tampung Caleg Depresi, RSUD Wonosari Siapkan Ruang Rehabilitasi Kejiwaan

oleh -
oleh
Jiwa
Bupati Gunungkidul meninjau ruang rehabilitasi rawat jiwa di RSUD Wonosari. (KH/ Kandar)
iklan dprd

GUNUNGKIDUL, (KH),– Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari memperingati hari lahir ke- 75. Serangkaian agenda peringatan digelar untuk memeriahkannya.

‘Transformasi Kesehatan Untuk RSUD Wonosari Maju’ menjadi tema peringatan HUT tahun ini.

Direktur RSUD Wonosari, dr Heru Sulistyowati mengatakan , bersamaan dengan seremoni peringatan hari jadi, dilaunching ruang rehabilitasi kesehatan jiwa.

“Ada 6 tempat tidur untuk rawat inap. 2 ruang atau kamar untuk ruang isolasi dan sisanya ruang biasa. Kami memanfaatkan ruang Dahlia,” terangnya.

iklan golkar idul fitri 2024

Rawat inap rehabilitasi kesehatan jiwa disiapkan diantaranya untuk menampung Calon Legislatif (Caleg) yang gagal pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

“Kami menyiapkan layanan yang lebih baik untuk perawatan kejiwaan,” terangnya.

Selain menyiapkan ruang rawat inap, RSUD kini telah memiliki tenaga medis untuk rehabilitasi kejiwaan diantaranya 1 psikiater dan 2 psikolog.

Psikiater RSUD Wonosari, dr. Ida Rochmawati, SPKj., menyampaikan, Caleg dibedakan berdasar risiko stress menjadi 3. Pertama yang hanya ikut-ikutan, kedua diutus partai dan yang ketiga memang serius berniat agar terpilih menjadi Caleg.

“Tentu yang ketiga risikonya lebih besar daripada yang pertama dan kedua,” kata Ida.

Dia menjelaskan, stress bukan gangguan jiwa, tapi merupakan reaksi adaptasi manakala seseorang menghadapi kenyataan yang tidak sesuai harapan. Orang yang gagal dan kecewa, ungkapnya, lumrah mengalami stress.

Jiwa
Bupati Gunungkidul, Sunaryanta dan Ketua DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih meninjau ruang rehabilitasi jiwa. (KH/ Kandar)

“Yang kami antisipasi berupa reaksi stress yang akut. Kami siap memberikan pelayanan sesuai situasi dan kondisi pasien. Tidak semua harus rawat inap, bisa saja rawat jalan,” jelasnya.

Adapun jenis-jenis pelayanannya mulai dari konseling, edukasi hingga rawat inap. Pelayanan kepada Caleg tersebut sebagaimana yang telah berjalan selama ini.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta bersama Ketua DPRD, Endah Subekti Kuntariningsih sempat meninjau ruang rehabiitasi kesehatan jiwa. Dia menilai RSUD telah memberikan pelayanan yang baik selama ini.

“Tantangan kedepan lebih banyak, dengan usia yang makin bertambah, semoga membuat layanan RSUD makin berkualitas,” ujarnya. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar