Agus Abadi, Seniman Patung Ciptakan Alat Musik Sigarankung

oleh -
Agus Abadi bersama alat musik Sigarankung hasil ciptaannya. (KH/ Kandar).

Bagaimanapun, lanjut dia, Gunungkidul patut dibanggakan. Spirit hidup dan berkarya di tanah kelahiran harus selalu ada. Hal tersebut tersirat pada lirik lagu Gunung-gunung dan Udan yang Agus ciptakan membersamai kelahiran Sigarankung.

Guru seni di dua lembaga pendidikan ini menjelaskan, pada lagu Gunung-gunung memiliki pesan pemecut semangat bahwa Gunungkidul tetap bisa unggul meski kondisi alamnya berupa batuan dipenuhi kayu-kayuan. Justru batulah yang ‘menyangga’, semetara kayu yang ‘menjaga’. Dalam arti fungsional, ejawantah ‘meyangga’ dan ‘menjaga’ dari batu dan kayu itu tak lain berkaitan dengan kegiatan ekonomi masyarakat.

Batu dan kayu merupakan sumber daya alam Gunungkidul yang mampu menghidupi masyarakatnya setelah diolah. Kelak instrument baru akan diciptakan melengkapi Sigarankung. Dirinya menegaskan bahwa karya alat musiknya tidak akan pernah ditukar dengan materi atau dengan kata lain dijual. Dirinya ingin menjadikan karya tersebut sebagai tanda atau warisan atas keberadaan dirinya. Bahwa ia pernah hadir di dunia. Meski ia telah tiada, namun karyanya tetap abadi. (Kandar)

Komentar

Komentar