Ada Manipulasi Data di Dukungan Kepada Cabup Jalur Independen

oleh -
Ilustrasi
iklan dispar
Ilustrasi
Ilustrasi

WONOSARI, (KH) — Proses pengumpulan dukungan terhadap bakal calon bupati jalur independen di Gunungkidul ditengarai banyak terjadi manipulasi data. Hal ini lantaran beberapa warga mengaku tidak pernah melakukan dukungan terhadap salah satu bakal calon bupati, namun namanya dicatut sebagai pendukung pasangan calon Benyamin Sudarmadi dan Mustangid.

Kondisi ini terjadi di Playen, salah seorang warga yang enggan disebut namanya, mengaku bahwa dirinya sama sekali tidak tahu menahu bahwa ia memberikan dukungan terhadap salah satu balon bupati. Bahkan, ketika ditanya, apakah dirinya pernah memberikan data dalam Kartu Penduduknya, ia mengatakan tidak pernah memberikan, bahkan tidak memberikan salinan data dalam KTP. “Bahkan tanda tangan saja tidak,” ucapnya, Jumat (26/06/2015).

Tak hanya warga biasa, Ketua Panwascam Kecamatan Playen, Edi Purwanto, mengaku namanya juga menjadi salah satu warga yang masuk ke dalam list dukungan terhadap pasangan calon Benyamin-Mustangid.

“Kami bingung, dari mana mereka mendapatkan salinan KTP kami,” imbuhnya.

Kendati demikian, hingga berita ini diturunkan, sejumlah warga belum melakukan pengaduan terhadap temuan ini. Sementara, ketika dikonfirmasi, anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Gunungkidul, Budi Hariyanto, mengatakan, apabila ada manipulasi data, maka hal tersebut merupakan ranah aparat yang berwajib.

“Nah, kalau ada intervensi atau prosedur yang salah dalam verifikasi, maka akan kami tindaklanjuti,” tandasnya.(Andri)

Komentar

Komentar