96% Hasil Jagung Di DIY Berasal Dari Gunungkidul

oleh -
Panenan jagung di Gunungkidul. Dok: Bara.
iklan dispar
Panenan jagung di Gunungkidul. Dok: Bara.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Gunungkidul menjadi daerah penyedia utama kebutuhan jagung se DIY. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pangan Dinas pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul, Raharjo Yuwono beberapa waktu lalu.

Berdasar data yang dimiliki, luas Gunungkidul hampir 46 % dari luas DIY. Sehaingga menjadikan lahan pertanian di Gunungkidul merupakan yang paling luas di DIY. Dengan begitu komoditas hasil pertanian seperti palawija menjadi yang paling tinggi se DIY.

“Untuk luas penanaman jagung rata- rata tiap tahun mencapai 51.000-an hektar,” ungkapnya. Dengan begitu hasil jagung di Gunungkidul, berkontribusi menyumbang 96% produksi jagung di DIY.

Raharjo menyebut selain kepemilikan lahan yang luas, lahan kering di Gunungkidul sangat cocok untuk palawija khususnya jagung.

Baca Juga: Produksi Padi Gunungkidul Tahun Ini Tertinggi Sejak 10 Tahun Terakhir

Untuk mendukung upaya peningkatan mutu hasil penanganan paska panen jagung pemerintah pusat melalui Dirjen Tanaman Pangan memberikan sejumlah alat mesin pertanian (alsintan).

“Alsintan yang diberikan ada 10 Pemipil Jagung, 5 Power threser, 5 power threser multi guna dan 1 pengering ultra violet,” tukasnya. (Kandar)

Komentar

Komentar