3 Destinasi Wisata Ekstrem di Gunungkidul yang Patut Dijajal

oleh -
oleh
rekreasi
Wisatawan sedang menikmati Jogja Swing di Pantai Nguluran. (KH/ Istimewa)
iklan dprd

GUNUNGKIDUL, (KH),– Kabupaten Gunungkidul di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menawarkan banyak destinasi wisata minat khusus yang tergolong ekstrem. Mencobanya tentu akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para petualang.

Melalui artikel ini, KH akan membahas beberapa destinasi wisata ekstrem di Gunungkidul yang menarik untuk dijelajahi dan memberikan kesan menantang.

  1. Gondola Pantai Timang.

Daya tarik destinasi wisata Pantai Timang diantatanya berupa bentang alam yang masih asri. Karena itu, pantai ini cocok bagi penggemar petualangan dan penjelajahan alam. Akses menuju ke pantai ini masih cukup lumayan berat. Meski demikian, masih bisa ditempuh dengan sepeda motor atau mobil sejenis jeep atau SUV (sport utility van).

Keberadaan Pulau Timang di depan tebing karang berbatu berjarak kurang lebih 70 meter menambah eksotisme pantai ini. Sebagaimana Pulau Kalong di Kecamatan Girisubo, terdapat gondola atau kereta gantung untuk menyeberang dari Pantai Timang menuju Pulau Panjang. Kereta gantung di pantai ini memang semodern seperti kereta gantung pada umumnya.

iklan golkar idul fitri 2024

Fasilitas yang sedianya dimanfaatkan sebagai jembatan nelayan pencari lobster ini juga dibuka bagi wisatawan. Wisatawan dapat mencoba sensasi menyeberang dengan membayar biaya tertentu.

Saat menyeberang, di bawah kereta gantung berdentum gelombang laut menghantam karang menjadi tantangan yang mendebarkan.

Lokasi pantai ini sering dimanfaatkan sebagai lokasi syuting film atau program petualang beberapa stasiun televisi. Tak jarang banyak artis dalam negeri yang datang ingin merasakan keindahan sekaligus menguji adrenalin dengan mencoba menaiki kereta gantung sederhana tersebut.

  1. Jogja Swing Teras Kaca Pantai Nguluran Ekstrem Juga loh

Destinasi yang menantang berikutnya berupa Jogja Swing. Wahana ini berada di Pantai Nguluran di Kapanewon Panggang.

Manager Marketing Teras Kaca, Gabilla Nasution dalam berbagai kesempatan menyampaikan, ayunan ‘Jogja Swing’ tersebut punya ketinggian 30 meter.

Jika tertarik mencobanya, ada dua pilihan metode pembayaran saat masuk. Pertama, melalui pembelian tiket hanya cukup dengan Rp15 ribu per orang. Adapun yang ke dua dengan model pembelian paket.

“Ada pilihan Paket 1, 2 dan 3 untuk mencoba Jogja Swing, pengunjung bisa membeli paket 3 senilai Rp100 ribu dengan fasilitas Tiket Masuk, ditambah wahana Teras Kaca, Giant Chair, Glass Boat, Kuda Laut, Pink Door, The Blue Paradise, Giant Terazzz, Jogja Swing, Ngopi On The Sea dan VIP Room. Cukup murah,” terangnya.

Wahana Jogja Swing dilengkapi dengan sabuk keamanan yang dikaitkan pada tempat duduk yang tersambung di ayunan. Tali panjang ayunan terpasang di sisi tebing. Keamananpun terjamin.

“Setelah seluruh standar keamanan terpasang, pengunjung akan diayunkan dengan arah Samudra Hindia. Seru pokoknya,” terangnya.

Khusus Teras Kaca, ada penawaran menarik selama libur Ramadhan. Sampai dengan tanggal 14 april 2024 nanti, ada diskon separuh harga untuk beberapa wahana. Wahana dengan biaya Rp100 ribu menjadi Rp50 ribu saja. Lantas, harga paket Rp50 ribu menjadi Rp25 ribu saja dan seterusnya.

  1. Jembatan Gantung Ekstrem Pantai Sinden

Selanjutnya, destinasi menantang ke-3 yakni Jembatan Gantung Pantai Sinden. Pantai Sinden yang terletak di Desa Jepitu ini bentang alamnya berupa tebing tinggi nan terjal. Wisatawan tak perlu khawatir tak mendapat kesan mendalam saat berkunjung. Datang ke pantai ini wisatawan tetap dapat melakukan aktivitas seru.

Yang palin andalan berupa wahana jembatan penyeberangan berbahan kayu. Jembatan ini menghubungkan Pantai Sinden dengan Pulau Kalong. Tantangannya membuat siapapu berfikir dua kali. Sebab lintasanya cukup Panjang. Terlebih, saat menyeberang, di bawah terdapat gelombang laut berdeburan tak henti. Dijamin akan membuat dada siapapun berdesir. (red)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar