Warga Pantai Baron Panen Ikan Teri

oleh -
Ilustrasi. Foto : KH
iklan dispar

TANJUNGSARI, (KH) — Nelayan dan sebagian besar warga di sekitar Pantai Baron merasakan berkah panen ikan teri. Sejak beberapa minggu terakhir ikan teri seakan datang dengan sendirinya ke area bibir pantai, sehingga makin mempermudah dalam penangkapannya.
Ronal seorang pelajar yang kesehariannya membantu ibunya berjualan di sebuah rumah makan, menuturkan, setiap malam di Pantai Baron dipenuhi dengan lampu senter warga yang hendak mencari ikan teri. Mereka tak perlu menggunakan perahu namun cukup dengan menangkap ikan teri dengan jala di bibir pantai.
“Kalau malam hari ramai sekali, hampir penuh dengan warga yang nyuluh teri. Kerlap-kerlip lampu senter bila dilihat dari kejauhan memenuhi area pantai. Kalau siang ikan teri tidak ada, adanya cuma malam hari saja,” ucap Ronal, Kamis (23/10/2014).
Setiap malam, lanjut Ronal, perolehan hasil tangkapan ikan bisa mencapai puluhan kilo gram tiap orang. Biasanya, mulai pukul 19.00 WIB ikan teri hasil tangkapan meraka mulai dijual.
“Untuk ikan teri kali ini jarang yang dijual di TPI (Tempat Pelelangan Ikan), namun langsung dijual ke warga yang menginginkan saja. Bahkan ada juga tengkulak yang membeli kemudian dipasarkan kembali keesokan harinya” lanjutnya.
Menurut Ronal, harga yang ditawarkan ternyata cukup murah. Untuk mendapatkan 1 kilo gram ikan teri hanya dibutuhkan sejumlah uang sekitar Rp 5000 saja. Bahkan ada yang tidak ditimbang namun hanya menggunakan takaran ember. Setiap ember dijual dengan harga bervariasi mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu.
“Harga juga tergantung dengan minat dan banyaknya pembeli. Kalau lagi sepi ya dijual murah, tapi kalau lagi banyak pembeli ya bisa lebih mahal,” ucap Ronal.
Bagi nelayan yang menggunakan perahu, hasil tangkapan dipastikan lebih banyak daripada yang mencari ikan di tepian pantai. Tiap kali perahu datang dari melaut, para pembeli mulai mengerumun untuk melakukan transaksi
Ikan teri yang seakan-akan datang dengan sendirinya ini memberikan berkah bagi warga yang bersedia untuk bekerja keras menangkap ikan. Tak hanya nelayan, semua warga bahkan pelajar seperti Ronal pun bisa ikut merasakan keuntungan dengan adanya ikan teri yang melimpah ini.(Maryanto/Tty)

Komentar

Komentar