Warga Diresahkan Dengan Belasan Ekor Ular Kobra Yang Masuk Ke Pemukiman

oleh -
Warga menunjukkan anakan ular kobra yang ditangkap. KH.
iklan dispar

WONOSARI, (KH),– Warga Dusun Kepek 1, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta diresahkan dengan kemunculan belasan ular Kobra yang masuk ke pemukiman warga.

Warga Dusun Kepek 1, Ervan Bambang mengatakan, fenomena tahunan kemunculan ular kobra dalam jumlah yang banyak tersebut berisiko bagi keselamatan warga.

“Dalam sepekan total telah berhasil ditangkap 16 ekor ular, terdiri dari 1 ekor ular kobra indukan dan 14 ekor anakan ular kobra, dan satu ekor ular jenis weling,” jelas Ervan, Kamis, (5/12/2019).

Fenomena kemunculan ular kobra ini bukan kali pertama terjadi di dusun ini. Tahun 2017 lalu juga ditangkap 32 ekor ular kobra, tahun 2018 17 ekor, dan tahun ini 15 ekor. Kemunculan ular kobra ini selalu terjadi antara bulan November dan Desember.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, warga berinisiatif mendatangkan komunitas reptil untuk menangkap ular. Ular yang berhasil ditangkap kemudian dibawa oleh komunitas reptil untuk dilepasliarkan ke habitat ular atau ke alam bebas jauh dari pemukiman.

Anggota komunitas reptil, Dino Ashar Setiawan menduga di wilayah Dusun Kepek 1 terdapat habitat ular kobra. “Ada kemungkinan sebelumnya habitat asli ular tergusur,” terang Dino. (Kandar)

Komentar

Komentar