Ungkap Hewan Misterius Pemangsa Kambing, Balai Besar Verteriner Turun Tangan

oleh -
Kambing yang mati dimangsa hewan misterius. foto: Iwan.
iklan dispar
Kambing yang mati dimangsa hewan misterius. foto: Iwan.

TEPUS, (KH),– Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul turun langsung mengecek serangan hewan misterius yang mengakibatkan matinya puluhan kambing milik warga Desa Purwodadi. Namun fakta di lapangan, dinas belum bisa memastikan hewan apa yang memangsa kambing milik warga.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto kepada sejumlah media mengatakan, pihaknya masih terus melakukan sejumlah penelitian  bersama Balai Besar Veteriner (BBVet) Yogyakarta untuk menentukan jenis hewan apa yang menyerang kambing milik warga.

“Untuk melakukan analisis, kita mengambil sampel darah hewan yang disereng tapi masih hidup. Ini nanti untuk memastikan apakah anjing atau binatang buas lainya yang menyerang kambing milik warga,” terang Bambang, Senin 11 September 2017.

Sementara Teknisi Laboratorium virologi, BBVet Yogyakarta, Desi Puspitasari memaprakan, sampel darah yang diambil akan digunakan untuk menganalisis kandungan rabies pada hewan tersebut. Namun pihaknya hanya mengambil pada hewan yang terkena serangan tapi masih hidup.

“Terkoyak traumatis saja, bukan karena rabies untuk kematian kambing-kambing itu. Berdasarkan pengamatan kami kambing mati karena gigitan dibeberapa tubuh. Daging yang diambil juga tidak seluruhnya, ” terangnya.

Berdasarkana data Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, hewan misterius tersebut menyerang ternak milik warga di tiga dusun yakni Danggolo, Sureng II, dan Duwet. Dengan total hewan yang mati sebanyak 38 ekor. (Wibowo)

Komentar

Komentar