Tiga Rumah Roboh dan Ratusan Lainnya Rusak Akibat Angin Ribut di Semanu

oleh -
Angin
Warga dan berbagai satuan petugas mengevakuasi material umah roboh rata dengan tanah akibat angin ribut. (KH)
iklan golkar idup fitri

GUNUNGKIDUL, (KH),— Ratusan rumah mengalami rusak ringan hingga berat akibat angin ribut di Semanu, Gunungkidul, DIY Selasa, (22/2/2022) pagi. Sementara itu 3 rumah diantaranya roboh.

Sejauh ini dilaporkan tak ada korban luka maupun jiwa akibat musibah ini. Secara umum rumah rusak di bagian atap.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Semanu, Kapanewon Semanu, Briptu Widyapangestika menginformasikan kerusakan terparah di wilayah Kalurahan Semanu terjadi di Dusun Sambirejo.

Data sementara ada 40-an rumah yang rusak. Adapun untuk rumah yang roboh milik Mujiyanto warga Dusun Sambirejo. Warga sekitar dibantu berbagai satuan petugas melakukan evakuasi material rumah korban yang roboh.

“Rencananya akan dibuat dapur umum di rumah Pak RW. Selain rumah banyak juga pohon termasuk tiang jaringan listrik roboh,” kata Briptu Widyapangestika.

Samijem warga Dusun Sambirejo mengatakan musibah yang terjadi diawali mendung gelap kemudian angin bertiup kencang namun tanpa hujan. Suaminya lantas berteriak meminta semua anggota keluarga untuk ke luar.

Dia dan anak-anaknya lantas ke luar menuju belakang rumah. Rumah yang roboh merupakan milik salah satu anaknya. Saat kejadian anak yang tinggal di rumah yang kemudian roboh kebetulan sedang pergi.

“Setelah angin ribut baru turun hujan,” kata Samijem.

Selain di Kalurahan Semanu, musibah juga mengakibatkan kerusakan di kalurahan lain di Kapanewon Semanu, Gunungkidul.

Seperti disampaikan Lurah Pacarejo, Suhadi. Di wilayahnya ada ratusan rumah rusak sedang hingga berat.

“Data sementara ada 236 rumah rusak. Itu laporan baru masuk dari 2 padukuhan, sementara yang terdampak 5 padukuhan. Untuk rumah roboh sementara ini laporan yang masuk tercatat ada 2,” kata Suhadi ditemui di balai Padukuhan Jonge. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar