Tiga Klub Sepakbola Gunungkidul Akan Ikuti Liga Nusantara Wilayah DIY

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, Kabarhandayani; Anggota Komite Perwasitan Asosiasi Provinsi (Asprov) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Rahmat Hidayat  menyatakan Liga Nusantara Wilayah Provinsi DIY akan segera digelar. Hal ini diungkapkan saat menyaksikan kompetisi Liga Pendidikan Indonesia di Stadion Gelora Handayani, Selasa (13/5/2014).

Dalam keterangannya Rahmat menjelaskan Liga Nusantara wilayah DIY akan diikuti 6 tim, 3 diantaranya berasal dari Kabupaten Gunungkidul. Sedangkan 3 tim lain merupakan perwakilan dari Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulonprogo, dan Kabupaten Sleman. 

“Liga akan diadakan bulan Juni, kemudian September sudah mulai yang tingkat regional mewakili DIY. Peserta Liga Nusantara itu tim-tim amatir eks divisi 2 dan 3. Dari Gunungkidul dipastikan ada 3, ada Persig Gunungkidul, Gelora Handayani, dan 1 calon anggota lagi, Rajawali,” Jelas Rahmat. 

Lanjut Rahmat, tiga klub dari luar Gunungkidul itu adalah Protaba Bantul, Sleman United, dan Persikup dari Kabupaten Kulonprogo. Juara Liga Nusantara ini nantinya akan mewakili DIY di tingkat regional. Sedangkan wilayah regional mana yang akan gabung dengan DIY hingga kini belum bisa dipastikan.

Regulasi pada Liga Nusantara adalah jika dalam 1 provinsi ada 10 klub amatir maka akan diambil satu klub juara mewakili 1 wilayah regional. Begitu juga jika dalam satu provinsi memiliki 20 klub amatir, maka akan diambil 2 tim sebagai wakilnya. Sedangkan provinsi yang kurang dari 10 klub peserta maka wakil dari provinsi tersebut akan mengikuti babak playoff dengan wakil dari provinsi lain.

“Jadi kita belum tahu drawingnya nanti ikut mana. Apa itu nanti ikut Jawa Timur, Jawa Tengah, atau bisa juga nanti gabungan antara DKI, Banten dan DIY,”lanjut Rahmad.

Liga Nusantara yang telah dicanangkan Persatuan Sepakbola Seluruh Idonesia (PSSI) merupakan kompetisi tingkat empat dalam Liga Indonesia di tahun 2014, selanjutnya  menjadi kompetisi tingkat tiga pada tahun 2015 setelah digabung dengan Divisi Satu Liga Indonesia.

Penulis: Sumaryanto

Komentar

Komentar