Longsor Gedangsari, Satu Rumah Rusak Berat

oleh -
iklan dispar

GEDANGSARI, Kabarhandayani.com; Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul  Selasa malam (13/5/2014) mengakibatkan tanah longsor. Tebing setinggi 10 meter dan panjang 12 meter longgsor hingga menimpa rumah Widianto (29) warga Padukuhan Batur Turu RT. 06/07, Desa Mertelu, Gedangsari, akibatnya rumah Widianto mengalami rusak parah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Budi Harjo mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Tetapi Rumah Widianto mengalami rusak parah bahkan hampir roboh karena dinding rumah bagian samping jebol sepanjang 4 meter akibat terkena longsoran tanah.

“Kita (BPBD) bersama warga masyarakat setempat telah melakukan gotong royong membersihkan sisa tanah dan batu yang masuk ke dalam rumah, mudah-mudahan besok malam rumah bisa kembali ditempati,” kata Budi Harjo, Rabu malam (14/5/2014).

Budi menambhakan, untuk meringankan beban korban longsor, pihaknya telah mengirimkan logistik berupa sembako. Budi memprediksi akibat kejadian tersebut kerugian ditafsir hingga 7 juta rupiah. Budi menghimbau kepada masyarakat Gunungkidul untuk senantiasa meningkatkan kesiap-siagaan dan gotong royong di lingkungan masyarakat.

“Cuaca beberapa bulan terakhir kian sulit diprediksi, saat cuaca tidak menentu seperti sekarang, saya himbau masyarakat untuk terus meningkatkan kesiap-siagaan,” pungkas Budi Harjo.

Penulis: Juju

Komentar

Komentar