Taman Edukasi Sebagai Pusat Kajian Informasi Pemilu

oleh -
Peresmian Taman Edukasi Pemilu, Foto: KH/ Maria Anjani
kadhung tresno
Peresmian Taman Edukasi Pemilu, Foto: KH/ Maria Anjani
Peresmian Taman Edukasi Pemilu, Foto: KH/ Maria Anjani

WONOSARI, (KH)– Kabupaten Gunungkidul resmi melaunching Taman Edukasi Pemilu satu-satunya yang berbentuk permanen di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Di DIY sendiri terdapat dua Taman Edukasi selain di Gunungkidul, yakni di Sleman. Meski demikian, yang membedakan adalah, Taman Edukasi di Sleman berbentuk mobile. Sementara di Gunungkidul, Taman Edukasi ada di kompleks Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul, Piyaman, Wonosari.

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Humas KPU Kabupaten Gunungkidul, Yudha Ayu Mindarsih mengatakan, Taman Edukasi sebesar 7×9 meter ini, diresmikan pada Kamis (17/12/2015) ini  dibuat dengan anggaran sebesar sekitar Rp. 80 juta meliputi empat kegiatan. KPU Gunungkidul sendiri sudah melaksanakan dua kegiatan, yaitu Training of Trainer untuk Duta Demokrasi Desa dan pembuatan Taman Edukasi Pemilu.

“Ini kita baru merintis, fasilitas juga masih belum lengkap, ke depan akan kita lengkapi. Saat ini baru ada poster dinding, maket, serta sejarah Pemilu, dan sejumlah data,” ujarnya.

Ketua KPU Kabupaten Gunungkidul, Zainuri Ikhsan menuturkan, bahwa pihaknya berharap Taman Edukasi ini bisa bermanfaat bagi semua pihak dari semua kalangan dan usia. KPU juga berniat akan membukukan sejumlah data, seperti perolehan suara Pemilu sejak 1955 hingga 2015. Baik itu Pileg, Pilpres dan Pilkada.

“Nantinya Taman Edukasi ini juga bisa menjadi pusat kajian bagi mahasiswa yang membutuhkan informasi tentang gambaran Pemilu di Gunungkidul,” ungkapnya. ( Maria Anjani)

Komentar

Komentar