Talud Sungai Longsor, Rumah Warga Watusigar Terancam

oleh -
Musibah longsor di Watusigar, Ngawen. (istimewa)
ucapan natal smkn 3 wonosari

NGAWEN, (KH),– Talud sungai di wilayah Kalurahan Watusigar, Kapanewon Ngawen, Gunungkidul, longsor, Minggu (22/11/2020) sore. Akibatnya rumah yang berada dekat dengan talud longsor terancam.

Keterangan Dukuh Watusigar, Daniel Sutari yang dirangkum oleh petugas SAR, Ranto menyebutkan, longsor terjadi akibat hujan deras berdurasi sekitar 1 jam membuat talud dengan tinggi antara 4 hingga 6 meter dan panjang 15 meter longsor.

“Rumah bagian belakang yang difungsikan sebagai dapur milik Suparni (46) sebagian ikut longsor,” kata Ranto.

Keterangan Ranto lanjutkan, penanganan pertama telah dilakukan warga bersama  KSB Watusigar dengan membuka aliran air yang menutupi sungai. Penanganan selanjutnya dilanjutkan hari ini dengan kegiatan gotong-royong warga dan sejumlah unsur terkait.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Namun kondisi kerusakan rumah semakin serius dapat terjadi karena letaknya yang dekat dengan tanah longsor. Tak hanya itu risiko longsor susulan juga masih dapat terjadi mengingat kondisi tanah labil akibat air hujan.

Berdasar pantuan penanganan memang mendesak butuh segera dilakukan. Sebab, rumah warga cukup dekat dengan tanah atau talud yang longsor. (Kandar)

Komentar

Komentar