Takbir Akbar Ribuan Muslim Gunungkidul Turun ke Jalan

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.— Ribuan umat muslim di Wonosari dan sekitarnya turun ke jalan-jalan di wilayah Wonosari yang menjadi rute takbir keliling yang dipusatkan di Masjid Al-Iklas Wonosari. 16 kelompok peserta lomba takbir menjadi tontonan bagi warga dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1435 H yang jatuh pada Senin (28/7/2014).
Pantauan KH di lokasi takbir, berbagai kostum unik dipakai para peserta. Aneka lampu lampion juga turut menghiasi jalannya takbir. Beberapa kostum dan atribut unik yang dipakai di antaranya kostum model batik, busana warga Indian, busana tokoh wayang Anoman, busana Jawa, dan bendera Palestina. Bahkan ada peserta yang menampilkan kumandang takbir dengan iringian 1 perangkat alat musik band lengkap.
Beberapa ruas jalan di area Kecamatan Wonosari ditutup untuk menyukseskan acara ini. Area jalan yang ditutup di antara bundaran Kodim, pertigaan Jalan Baru, perempatan RSUD Wonosari, dan pertigaan jalan depan Polres Gunungkidul. Jalan ditutup mulai selepas Isyak hingga sektar pukul 22.15 WIB.
Acara ini mendapatkan pengawalan ketat dari satuan kepolisian Polres Gunungkidul. Setiap titik pertigaan dan perempatan jalan dijaga oleh beberapa petugas kepolisian.
Sebelumnya, Ketua MUI Gunungkidul, Bupati Gunungkidul beserta jajajan Muspika Gunungkidul berada di area start takbir keliling di Masjid Al-Iklas guna melepas peserta takbir.
Indra, salah satu panitia kegiatan mengungkapkan acara berlangsung dengan lancar. Menurutnya, kegiatan ini disambut positif oleh warga dan peserta takbir. Hal ini terlihat dari jumlah peserta dan warga yang menyaksikan di sepanjang rute takbir keliling.
“Pesertanya bertambah, yang tadinya cuma 15 kelompok telah bertambah 1 kelompok dari Jamaah Komunitas UMMI Kecamatan Rongkop,” ujar Indra.(Maryanto/Tty)

Komentar

Komentar