Tahapan Pilkada 2020 Telah Selesai, Agenda Terakhir Besok Pelantikan Bupati Terpilih

oleh -
Rapat Koordinasi Evaluasi, Pengawasan dan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul tahun 2020. (KH/ Edi Padmo)

WONOSARI, (KH),– Perhelatan pesta Demokrasi pemilihan Kepala Daerah di Gunungkidul sudah memasuki babak akhir. Setelah dilaksanakan penetapan hasil calon Bupati terpilih, tinggal satu agenda lagi yaitu Pelantikan Bupati terpilih. Pelaksanaan pelantikan rencananya akan dilaksanakan pada 26 Februari 2021 besok.

Untuk persiapan memasuki agenda pelantikan, Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU), dan FORKOMPINDA Gunungkidul menggelar Rapat Koordinasi Evaluasi, Pengawasan dan  Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul tahun 2020, Rabu (24/2/2021). Selain dihadiri oleh semua Komisioner Bawaslu, Forkompinda, rapat ini juga dihadiri oleh beberapa Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dan perwakilan dari Bawaslu DIY.

Ketua Bawaslu Gunungkidul, Tri Asmiyanto menyampaikan, secara umum, tahapan Pilkada Gunungkidul berjalan dengan sukses meski penyelenggaraannya berlangsung di tengah Pandemi. Tri Asmiyanto menyampaikan, semua tahapan pemilu telah berakhir tinggal menunggu pelantikan.

“Pengawasan kami terhadap proses Pilkada telah selesai, ada bebarapa evaluasi atas pengawasan pemilu ini,” ujarnya.

Tri Asmiyanto juga menekankan bahwa kesuksesan Pemilu ini merupakan hasil kerjasama bersama seluruh intansi dan Parpol juga masyarakat.

Diketahui bersama, dalam perhelatan Pilkada di DIY, Gunungkidul termasuk Kabupaten yang memiliki dinamika politik yang agak berbeda dibanding Kabupaten Bantul dan Sleman. Pilkada Gunungkidul diwarnai munculnya calon dari independen. Selain itu, jumlah pasangan kontestan  terdapat 4, sehingga menjadi yang terbanyak di DIY.  Hal tersebut sempat membuat suhu politik Gunungkidul sempat menghangat.

Kasat Intel Polres Gunungkidul, AKP Purwanto, S.Sos., M.M., dalam evaluasinya menyampaikan, tahapan dari awal sampai akhir selama 1 tahun lebih secara umum dapat berjalan lancar.

“Pilkada kali ini tidak ada kampanye terbuka sehingga memudahkan kami dalam pengawasan dan pengamanannya,” ujarnya.

Evaluasi senada juga disampaikan oleh Kasdim 0730/Gunungkidul, Mayor Inf Nurhadi Suswanto. Secara umum pihaknya menilai, bahwa Pilkada Gunungkidul berjalan aman dan sukses, pihak TNI juga menyatakan keberhasilan Instansinya menjaga netralitas, walaupun salah satu kontestan berasal dari tubuh TNI.

PLH Bupati Gunungkidul yang ikut diundang, Drajad Ruswandono, pada kesempatan ini mewakilkan Asek I Drs. Sigit Purwanto. Drajad memohon ijin karena ada ketugasan lain, yakni menanggapi KPK terkait administrasi Pemerintah Daerah. Mewakili Pemerintah Daerah, Sigit menyampaikan, ucapan terimakasih pada KPU, Bawaslu dan intansi yang lain yang sukses dalam menyelenggarakan Pilkada 2021 di Gunungkidul. [Edi Padmo]

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar