SMK Yappi Wonosari, Sekolah Kejuruan dengan Segudang Prestasi

oleh -
Suasana Ujian Kompetensi Keahlian SMK Yappi Wonosari. Foto: Gemma.
iklan dispar
Suasana Ujian Kompetensi Keahlian SMK Yappi Wonosari. Foto: Gemma.
Suasana Ujian Kompetensi Keahlian SMK Yappi Wonosari. Foto: Gemma.

WONOSARI, (KH),– SMK Yappi Wonosari, satu dari beberapa sekolah dalam naungan Yayasan milik Nahdlatul Ulama (NU) ini telah lama turut mencerdaskan kehidupan masyarakat Gunungkidul. Sekolah ini juga telah menorehkan segudang prestasi yang layak diapresiasi. SMK Yappi Wonosari beralamat di Bansari Kepek Wonosari. Saat ini, seekolah kejuruan ini mengasuh 686 siswa dengan 4 jurusan unggulan.

Pada saat KH berkunjung ke sekolah, Kamis (5/3/2015), siswa kelas 12 SMK Yappi sedang melakukan ujian kompetensi kejuruan atau disingkat UKK. UKK merupakan rangkaian dari Ujian Praktek Siswa menuju Ujian Nasional. “Saat ini masih berlangsung ujian UKK-nya, dan itu dilakukan bertahap. Kami mendatangkan dari luar untuk penguji UKK, seperti ujian praktek,” jelas Endang Utami, Humas SMK Yappi Wonosari.

UDalam menghadapi Ujian Nasional, Endang mengatakan, “SMK Yappi sudah memberikan pendalaman materi atau les setiap hari Senin sampai Kamis yang sifatnya wajib. Les kita laksanakan setelah anak-anak selesai KBM.” ungkapnya.

SMK Yappi Wonosari memiliki beberapa jurusan yang ditawarkan kepada siswa sesuai dengan minat dan kemampuan siswa. Jurusan yang kini dimiliki antara lain: Teknik Otomotif, Tenaga Listrik, Otomasi Industri, dan Teknik Informatika. Jurusan Otomasi Industri merupakan jurusan terbaru yang diterapkan SMK Yappi Wonosari yang kini memiliki 1 kelas.

Endang menjelaskan, semua jurusan yang ditawarkan di SMK Yappi memiliki keunggulan masing-masing. Dilihat dari segi prestasi yang dihasilkan siswa, memang ada satu jurusan yang menonjol karena sudah banyak mengharumkan nama SMK Yappi.

“Kalau dari semua tentu semua jurusan unggulan, namun memang untuk jurusan Teknik Informatika memang sudah bisa diakui di tingkat kabupaten maupun propinsi. Karena Pak Choirul Anam dan Pak Ari Sumarsono, guru jurusan Teknik Informatika merupakan seorang tentor IT Nasional” paparnya.

Visi yang menjadi pedoman SMK Yappi adalah menghasilkan tenaga profesional tingkat menengah yang bertaqwa dan berbudi luhur. SMK Yappi Wonosari menerapkan kebiasaan kepada para siswa, sebelum pembelajaran dimulai, setiap hari Senin sampai dengan Kamis para murid diwajibkan untuk membaca Asmaul Husnah. Untuk hari Jumat membaca Surat Yasin, dan hari Sabtu membaca Surat Al-Mulk.

Baru-baru ini, siswa kelas 12 jurusan Teknologi Informasi  meraih juara I Web Debugging pada perlombaan Dies Natalies UNY di tingkat Jateng-DIY. “Ini adalah salah satu prestasi kami yang sudah ditorehkan oleh siswa bernama Arinadi Wahyu Rahmat. Untuk Jurusan Otomotif, Fauzi Ahmad Prapsita juga menyabet juara I di acara tersebut”.

Selain prestasi diatas, prestasi skala internasional juga pernah dipersembahkan warga SMK Yappi. Guru bernama Ari Sumarsono berhasil meraih posisi juara 1 di Singapura (2010) untuk kategori guru inovatif. Kemudian Arom Kumala, seorang siswa yang berhasil meraih juara II dengan kategori lomba Web Design di Thailand (2014). Masih sederet prestasi lainnya yang pernah diraih oleh sekolah ini tingkat kabupaten, propinsi, maupun nasional. (Gemma).

Komentar

Komentar