SMA N 1 Wonosari Mengadakan FLSSN Tingkat Sekolah

oleh -
FLSSN tingkat Sekolah SMA N 1 Wonosari Foto : Gemma
kadhung tresno
FLSSN tingkat Sekolah SMA N 1 Wonosari Foto : Gemma
FLSSN tingkat Sekolah SMA N 1 Wonosari Foto : Gemma

WONOSARI, (KH) – SMA N 1 Wonosari mengadakan Festival Lomba Seni Siswa Nasional tingkat Sekolah.Kegiatan FLSSN di SMA N 1 Wonosari ini diadakan untuk mempersiapkan FLSSN di tingkat kabupaten.

Pelaksanaan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLSSN) tingkat Sekolah di SMA N 1 Wonosari berlangsung dua hari, pada 17-18 Desember 2014 diikuti oleh perwakilan kelas 10 dan 11 yang berjumlah 14 kelas.

“Karena selama ini lomba FLSSN  untuk tingkat kabupaten lebih banyak dilakukan penunjukkan oleh guru. Pola tersebut coba kita rubah melalui lomba ini. Di pedoman sebenarnya pelaksanaan ditingkat sekolah ada, tapi tidak semua sekolah menyelenggarakan, sebab biayanya besar sehingga lebih mudah model penunjukan itu,” kata Taufik Wakil Kepsek Bagian Kesiswaan.

Taufik mengungkapkan, FLSSN tingkat Sekolah di SMA N 1 Wonosari 2014 ini merupakan kali pertama diadakan. Namun sebelum diadakan FLSSN ini, dulu saat masih menerapkan RSBI diadakan kegiatan serupa yaitu Pekan Seni Budaya. Dimana dana RSBI sebagian digunakan untuk keberlangsungan acara tersebut.

Persiapan untuk penyelenggaraan FLSSN ini menurut Aruna Paksi, Ketua Osis SMA N 1 Wonosari periode 2014-2015 sekaligus Panitia penyelenggara, membutuhkan waktu sekitar 1,5 bulan. Meski baru pertama kali diadakan, para siswa menyambutnya secara antusias.

Kategori yang dilombakan sesuai dengan petunjuk pedoman yang berlaku. Jenis perlombaan tersebut antara lain lomba tari berpasangan, solo vokal, seni kriya, seni poster, cipta puisi, baca puisi, film pendek, dan drama. Perlombaan ini diikuti oleh setiap kelas (10 dan 11) yang berjumlah 14 kelas.

Adapun penilaian perlombaan dilakukan berdasarkan hasil penjurian. Juri-juri tersebut didatangkan baik dari dalam maupun luar sekolah. Juri untuk lomba Drama oleh teknik praktisi drama kalangan Gunungkidul (Sigit Wage, Sri Suparjilah, Lukas Arintoko), juri lomba Seni (Dwi Kristanti, Yaroh Isnaini), juri Seni Kriya (Guru SMA N 1 Wonosari Marhaban, Trigarto, Meilani), Cipta puisi (Eni), Baca Puisi (YL Rustanto, Suprihatin Eko R, Eni).

Tujuan dengan diadakannya Festival Lomba Seni Siswa ini antara lain dapat meningkatkan kreativitas dan karakter siswa. Kemudian juga sebagai bentuk apresiasi pendidikan berbasis budaya.

“Ini juga sebagai bentuk apresiasi pendidikan berbasis budaya. Supaya anak-anak  mencintai budaya kita sendiri. Juga untuk mengisi kegiatan di akhir semester sebelum pembagian rapor,” tambah Taufik.

Kegiatan yang melibatkan seluruh warga SMA N 1 Wonosari ini akan diselenggarakan secara rutin setiap tahun dengan biaya komite dan APBD. Tindak lanjut setelah selesai acara ini, siswa yang terpilih sebagai pemenang, akan dilatih secara intensif, kemudian akan dikirim untuk mengikuti FLSSN tingkat kabupaten yang diadakan sekitar bulan maret.

Ditahun-tahun sebelumnya, SMA N 1 Wonosari dalam rangka kegiatan FLSSN telah menjuarai berbagai jenis lomba di tingkat propinsi, yang secara otomatis maju ke tingkat Nasional. Lomba tersebut antara lain Tari Berpasangan di Medan, Cipta Puisi di Mataram juara 3 Nasional, Baca Puisi, dan lomba Poster yang berhasil dua kali maju tingkat  Nasional.(Gemma/Bara)

Komentar

Komentar