Siswa SMKN 1 Wonosari Raih Juara Nasional Lomba Cerdas Cermat Akuntansi

oleh -
3 siswa SMKN 1 Wonosari peraih juara 1 lomba Cerdas Cermat Akuntansi. (Istimewa)
kadhung tresno

WONOSARI, (KH),– Prestasi kembali ditorehkan pelajar SMKN 1 Wonosari. Kali ini, 3 siswa yang menjadi kontingen lomba cerdas cermat akuntansi tingkat nasional memperoleh juara 1.

Kepala SMKN 1 Wonosari, Dra Susiyanti M.Pd menginformasikan, lomba cerdas cermat yang diikuti siswanya digelar oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Lomba tersebut merupakan agenda tahunan.

Susiyanti mengaku bangga dengan raihan siswanya. “Lomba menjadi satu wahana dan kesempatan bagus untuk unjuk kinerja berlatih berkompetisi. Dampaknya menjadi motivasi, tidak hanya bagi anak yang ikut lomba, tetapi menginspirasi semua siswa,” kata Susiyanti, Senin (19/10/2020) di ruangannya.

Menurutnya, kemenangan tersebut juga membawa impliksi bagi masa depan siswa peserta lomba, baik saat hendak kuliah maupun mencari pekerjaan. Contoh yang langsung nampak, siswa peserta lomba memperoleh beasiswa pendidikan dan uang pembinaan.

“Beasiswa dari kementerian banyak diantaranya berdasar pada prestasi siswa baik preatasi akademik maupun non akademik,” imbuh Susiyanti. Dirinya berharap, siswa lain ikut termotivasi dan gigih belajar. Ia pun sepakat dengan pernyataan, bahwa kerja keras tidak akan menghianati hasil.

Dalam kesempatan yang sama, guru pembimbing lomba, Siti Isrongiyatun Zuraroh, S.Pd menyebutkan, lomba diawali dengan tahapan babak penyisihan sejak awal bulan ini.

“Setelah melalui beberapa kali babak penyisihan, babak final dan penentuan juara dilaksanakan Minggu (18/10) kemarin,” terang Siti.

Sebelumnya, dirinya memilih 3 siswa berdasar rekomendasi guru akuntansi yang lain. Setelah itu siswa dibimbing dengan durasi waktu kurang lebih 1 bulan.

Menurutnya, tantangan pembimbingan dimasa pandemi COVID-19 lebih berat dirasakan. Karena siswa belum memulai kegiatan belajar mengajar di sekolah, maka koordinasi dengan siswa intens dilakukan untuk menentukan waktu pelaksanaan pendalaman materi.

“Selain materi dari sekolah, kami juga berikan materi dari sumber literatur yang lain. Sebab materi lomba tidak semua diajarkan di sekolah, seperti koperasi, surat berharga, analisa rasio keuangan, piutang dan lain-lain,” terang Siti.

Dengan persiapan yang matang, babak akhir presentasi mampu disampaikan dengan maksimal. Sehingga mendongkrak penilaian dewan juri.

“Kami yakin presentasi yang mendulang poin tinggi,” tukas Siti.

Prestasi sebagai juara 1 kali ini menjadi yang ketiga kalinya. Sebelumnya, SMKN 1 Wonosari meraih gelar yang sama pada tahun 2017 dan 2018. (Kandar)

Komentar

Komentar