Siswa SMAN 1 Tanjungsari Raih Beasiswa Kuliah ke China

oleh -
Tri Bawana Jaya Mahadma
iklan dispar
Tri Bawana Jaya Mahadma
Tri Bawana Jaya Mahadma

TANJUNGSARI (KH)— Tri Bawana Jaya Mahadma, Salah satu siswa SMA yang berlokasi di pinggiran Gunungkidul mampu menorehkan prestasi membanggakan karena mampu meraih beasiswa ke Negeri Tirai Bambu, China. Siswa yang juga berprestasi di bidang olah raga sepak bola ini merupakan siswa SMA Negeri 1 Tanjungsari yang baru saja lulus pada tahun pelajaran 2014/2015 ini.

Siswa yang akrab dipanggil Jaya ini mendapatkan beasiswa dari Indonesia-Tionghoa Culture Centre (ITCC). Nantinya ia akan belajar ilmu teknologi dan informatika di Nanjing University of Information Science and Technology.

Untuk memperlancar proses pembelajaran di kampus, siswa yang berpenampilan dingin ini kini tengah menempuh bimbingan kursus bahasa mandarin di Surabaya. Berawal dari beasiswa ini ia bertekat ingin mewujudkan cita-citanya dan orang tua menjadi anak yang turut membangun bangsa.

“Sebelumnya saya tidak pernah membayangkan bisa meraih beasiswa ini. Ini sungguh suatu amanah Tuhan yang begitu berharga. Saya ucapkan terima kasih pada Bapak Ibu guru yang telah mendidik dan menghantarkan saya sampai sekarang ini,” kata Jaya melalui pesan selulernya, Jumat (26/6/2014).

Ia menambahkan untuk teman-teman seangkatan dan adik-adik kelasnya, bahwa tempat sekolah mereka yang jauh dari perkotaan dan terkenal “ndeso” tidak boleh membuatnya minder untuk berprestasi. Baginya, ini adalah saat yang tepat untuk memberikan nama baik dan rasa bangga bagi almamater.

Semasa tiga tahun menempuh ilmu di SMA, Jaya termasuk salah satu siswa yang aktif dalam berbagai organisasi sekolah dan kegiatan. Ia merupakan salah satu pengurus OSIS yang kreatif dan anggota Dewan Ambalan Pramuka. Ia juga memiliki hobi di dunia perfilman dan sempat meraih juara tiga pada lomba Festival Film Pendek Pelajar Gunungkidul.

Sebagai siswa dan atlet sepak bola yang tercatat dalam program Kelas Bakat Istimewa Olahraga (KBIO) SMA N 1 Tanjungsari, salah satu kenangan yang tidak mungkin ia lupakan adalah kenangan saat bermain sepak bola melawan Timnas Indonesia U-16 pada tahun 2013 silam di lapangan sepakbola Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kenangnya, ia tetap merasa bangga meladeni tantangan pemain muda Indonesia pilihan, meski saat itu ia bersama kesebelasan SMA N 1 Tanjungsari harus tunduk dengan skor 4-1.

H. Comed Sudarsono SPd, Kepala SMA N 1 Tanjungsari mengungkapkan kebanggaannya terhadap keberhasilan anak didiknya yang mampu merasakan pendidikan berkualitas di luar negeri. Ia juga menyatakan bahwa sekolah pinggiran yang ia pimpin, yang selama ini hanya dikenal dengan berbagai prestasi olahraga, kini mulai menunjukkan prestasi menonjol di bidang akademik.

“Hal ini tentunya menjadi kebahagiaan bagi kami karena bisa menghantarkan siswa belajar di luar negeri dengan beasiswa. Sebelumnya kami juga bersyukur bahwa di tahun ini anak-anak kami banyak yang diterima kuliah di UNY,” ujar Comed.(Bara)

Komentar

Komentar