Siswa Baru SMAN 1 Tanjungsari Digembleng Di Rindam IV Diponegoro

oleh -
Siswa SMAN 1 Tanjungsari melakukan kegiatan pelatihan di Rindam IV Diponegoro Magelang. KH/ S. Yanto
iklan dispar
Siswa SMAN 1 Tanjungsari melakukan kegiatan pelatihan di Rindam IV Diponegoro Magelang. KH/ S. Yanto
Siswa SMAN 1 Tanjungsari melakukan kegiatan pelatihan di Rindam IV Diponegoro Magelang. KH/ S. Yanto

TANJUNGSARI, (KH)— Banyak cara dan strategi yang digunakan sebuah sekolah untuk mendidik siswa agar memiliki rasa cinta tanah air. Cara yang dilakukan sekolah pun berbeda-beda, baik dengan penanaman kedisiplinan di sekolah, Diklat karakter bangsa dan bela negara, atau upacara bendera yang biasa dilakukan setiap hari Senin.

Kali ini cara yang agak berbeda dilakukan oleh SMAN 1 Tanjungsari dalam menanamkan sifat nasionalisme. Sekolah yang terletak di Jl. Baron KM 12 ini sengaja mengirimkan sejumlah 167 siswa baru ke Resimen Induk Kodam (Rindam) IV Diponegoro Magelang guna mendapatkan pendidikan nilai-nilai karakter bangsa dan bela negara, yang telah dilaksanakan dari hari Minggu (24/7/2016) hingga Selasa (26/7/2016).

Melalui pendidikan yang diberikan anggota TNI di Rindam IV Diponegoro diharapkan pada diri siswa dapat tertanam nilai-nilai karakter bangsa serta pendahuluan bela negara yang berupa nilai kedisiplinan, kejujuran, serta mampu menghormati orang tua, guru, serta rasa cinta pada almamater dan bangsa.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Comed Sudarsono SPd, Kepala Sekolah SMAN 1 Tanjungsari, yang menyatakan bahwa penanaman karakter bangsa perlu dilakukan dengan cara profesional sehingga hasilnya dapat dirasakan secara nyata. Imbuhnya, melalui kegiatan ini siswa bisa memperoleh pengalaman baru dalam suasana yang baru tentang wawasan nusantara, kerjasama, disiplin, serta membuka cakrawala baru tentang kehidupan di masa depan yang akan dihadapinya.

“Rindam IV Diponegoro adalah organik TNI yang disiapkan khusus untuk mendiklat warga negara dalam hal karakter dan pendahuluan bela negara, sehingga mereka sangat profesional dalam bidang ini,” terang Comed, Rabu (27/7/2016).

Disamping alasan trainers yang profesional, SMAN 1 Tanjungsari sengaja memilih Rindam IV Diponegoro sebagai tempat penanaman karakter bangsa karena tempat ini memiliki sarana dan prasarana yang mendukung guna mencapai tujuan yang hendak dicapai.

Sementara Suharyanto SPd, Pembantu Waka Kesiswaan SMAN 1 Tanjungsari menuturkan ratusan siswa anak didiknya begitu semangat dalam mengikuti semua program pelatihan yang diterapkan anggota TNI Rindam IV Diponegoro. Mereka menjalani berbagai pendidikan kedisplinan yang dimulai dari cara yang paling sederhana seperti kedisiplinan cara makan, kedisplinan beribadah, kedisiplinan antri, pantang menyerah, baris-berbaris, hingga kegiatan outbond.

“Saya bangga melihat anak-anak meneriakkan yel-yel rasa cinta pada negara dan rasa cinta pada almamater dan sekolahnya sebagai tempat mereka menuntut ilmu,” cerita Suharyanto.

Dari penanaman kedisiplinan yang dilaksanakan selama tiga hari, Suharyanto yakin kegiatan ini dapat mempengaruhi kepribadian dan karakter siswa sesuai yang diharapkan. Cara berbeda yang mereka tempuh ini juga diyakini akan merubah perilaku siswa menjadi pribadi yang disiplin layaknya kedisiplinan seorang TNI yang begitu setia pada tanah airnya.

Sebagai informasi tambahan, Rindam IV Diponegoro merupakan komando pelaksana yang bertugas menyelenggarakan pendidikan pertama Bintara/Tamtama serta menyelenggarakan dan memberikan asistensi latihan kepada satuan jajaran Kodam IV Diponegoro. Selain itu resimen ini juga sebagai pengajar, pengawas, pengembangan atau pengaturan daerah latihan di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. (S. Yanto)

Komentar

Komentar