Sistem Tanam Tajarwo Diujicoba di Wiladeg

oleh -
TNI menanam padi. Foto : Andri
iklan dispar
TNI menanam padi. Foto : Andri
TNI menanam padi. Foto : Andri

KARANGMOJO, (KH) — Guna mendukung program ketahanan pangan di Gunungkidul, anggota TNI Kodim/0730 Gunungkidul melakukan penanaman padi dengan sistem Tanam Jajar Legowo (Tajarwo) di Wiladeg Karangmojo, Jumat (31/07) pagi. Sistem penanaman padi jenis tersebut rencananya akan dilakukan di lahan seluas 1000 meter milik warga.

Komandan Kodim 0730/ Gunungkidul, Priyanto menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kerjasama dengan Kelompok Tani Margo Cahyo 3 Dusun Nglampar, Desa Wiladeg Kecamatan Karangmojo.  Sebelum melakukan penanaman padi dengan sistem tersebut, tujuh anggota TNI yang dikomandani oleh Pelda Widayanto melakukan diklat budidaya tanaman jenis jagung, padi, dan kedelai di Korem 072/Pamungkas. Dalam diklat anggota TNI melakukan inovasi cara penanaman padi, hingga cara pembuatan pupuk organik sendiri yang kemudian diterapkan dalam penanaman padi jenis Tajarwo di Wiladeg.

“Setelah melakukan diklat, mereka langsung menerapkan ilmu yang didapat, di lahan warga di Desa Wiladeg. Pembuatan kompos, pupuk, dan penggunaan air seni sapi dilakukan anggota kami,” ucapnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini dilakukan agar para Babinsa tidak ragu dalam pendampinan PPL pertanian, dan lebih semangat dalam mensukseskan program ketahanan pangan.

Sementara itu, Kepala Desa Wiladeg, Kaniyo menjelaskan, menyambut baik program yang dilaksanakan oleg anggotan TNI tersebut. Ia berharap kerjasama ini nantinya terus berkelanjutan dan membawa dampak baik bagi masyarakat Wiladeg

“Semoga dengan sistem ini, hasil pertanian warga terus melimpah,” pungkasnya. (Andri)

Komentar

Komentar