Sekolah Pelaksana UNBK Bertambah, SMP Terbanyak Di DIY

oleh -
Pelaksanaan UNBK jenjang SMA di Gunungkidul. KH
iklan dispar
Pelaksanaan UNBK jenjang SMA di Gunungkidul. KH
Pelaksanaan UNBK jenjang SMA di Gunungkidul. KH

WONOSARI, (KH)— Tahun ini, lembaga pendididkan SMP di Gunungkidul untuk pertama kalinya melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Informasi yang disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Lanjutan Pertama (PLP) Disdikpora, Kusmanto, meski pertama kalinya namun jumlah sekolah yang melaksanakan paling banyak di DIY.

“Ada 4 SMP kita yang melaksanakan UNBK tahun ini,” katanya beberapa waktu lalu saat ditemui di ruangannya.

Sekolah tersebut yakni; SMP 1 Ponjong, SMPN 1 Karangmojo, SMPN 1 Wonosari, dan SMPN 1 Patuk. Mengenai waktu pelaksanaan, sesuai jadwal rencana dilaksanakan pada tanggal 9 -12 Mei 2016.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul, Bahron Rosyid mengatakan, jumlah sekolah pelaksana UNBK untuk jenjang lain, SMA dan SMK juga bertambah. Untuk jenjang SMK ada 29 SMK sedangkan SMA ada 6 sekolah.

Dijelaskan, pelaksanaan UNBK memiliki beberapa keunggulan, diantaranya; efisien dalam hal pembiayaan, dan tenaga, perbandingannya apabila pelaksanaan dengan ujian manual tentu membutuhkan kertas untuk lembar soal dan LJK, sehingga memangkas biaya cetak dan distribusi soal.

“Pengawasan pada saat pelaksanaan ujian juga lebih mudah, ketika jaringan internet tidak bersamasalah saya yakin ujian dapat berjalan dengan lancar,” tegasnya.

Mengenai kesiapan, beberapa hal mengenai teknis pelaksanaan telah disiapkan sejak saat ini, seperti yang dilakukan SMPN 1 Wonosari, perlengkapan dan peralatan secara keseluruhan sudah tersedia. Menurut Waka Humas, Sanyoto menyebutkan, ada rencana pada pelaksanaan Try Out UN akan mencoba menggunakan perlengkapan UNBK tersebut sebanyak tiga kali.

“Murid kami ada 109, jadi pelaksanaan nanti secara bergantian/ shift sebanyak tiga kali, siswa sudah diberi bekal teknis pelaksanaannya, semoga pada saat UNBK nanti tidak ada kendala,” harap Sanyoto. (Kandar)

Komentar

Komentar