Sekolah Layak Mendapat Edukasi Kesehatan Antisipasi Corona

oleh -
Edukasi cuci tangan di SMP Al Mujahidin Playen, Gunungkidul. (KH)
iklan-idul-fitri-smkn3-wno

PLAYEN, (KH),– Institusi pendidikan menjadi salah satu lembaga yang layak mendapat edukasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Hal tersebut disampaikan petugas promosi kesehatan UPT Puskesmas Playen I, Muchamad Cholid Widodo ketika memberikan edukasi kepada ratusan siswa di SMP Al Mujahidin, Playen, Gunungkidul tentang bagaimana cara mencuci tangan dan memakai masker yang benar, Rabu, (4/3/2020). Terlebih belakangan ini merebak virus Corona (Covid-19).

“Para siswa diharapkan mampu menjadi agen pengetahuan khususnya dalam menyikapi virus Corona,” kata Muchamad.

iklan kejari

Sebagaimana diketahui, pembiasaan cuci tangan yang benar dapat meminimalisir seseorang tertular virus corona.

Sementara itu, salah satu guru, Wisnu Giri Antono mengatakan, dengan digelarnya kegiatan edukasi Germas diharapkan para siswa mampu menyikapi virus corona dengan bijak. Selain itu mengetahui cara menggunakan masker dan bercuci tangan dengan benar.

Menurutnya, fenomena virus corona tengah merebak di dunia khususnya China, lantas jika direspon dengan sikap masyarakat yang berbondong-bondong melakukan pembelian masker dan antiseptik tidak sepenuhnya benar.

“Kalau dilihat kegunaannya, masker sebetulnya tidak terlalu urgent apabila tidak sedang flu atau di tempat umum dan keramaian,” katanya

Edukasi penting, sambung dia agar siswa tidak ikut-ikutan membeli masker jika tidak terlalu mendesak. Sehingga keberadaan masker ini tidak langka sehingga ketersediaannya aman untuk yang benar-benar sakit.

Salah satu siswa, Nafisa Salmadiena mengakui ikut khawatir dengan munculnya virus corona. Namun dengan adanya pemahaman soal antisipasi penularan virus dengan cara mencuci tangan yang benar serta kapan waktu yang tepat memakai masker, khawatir yang dialami tidak berlebihan.

“Mencuci tangan menggunakan sabun harus menyeluruh ke seluruh bagian tangan. Sela-sela jari dan kuku juga harus diupayakan ikut dibersihkan,” jelas Nafisa mengutarakan tips mencuci tangan yang ia dapat dari petugas medis. (Kandar)

ucapan kh

Komentar

Komentar