Sebelum Pelajaran, Siswa Apel Pagi Baca Asmaul Husna

oleh -
Siswa MI Yappi Balong. Foto: Sarwo.
iklan dispar
Siswa MI Yappi Balong. Foto: Sarwo.
Siswa MI Yappi Balong. Foto: Sarwo.

GIRISUBO,(KH)— Madrasah Ibtidaiyah YAPPI Balong Girisubo sudah menyusun Program Ekstra Agama Tahun 2014-2015. Hal tersebut dikatakan Kepala MI YAPPI Balong Subardi SPdI, MSi, Kamis (04/12). Menurut Subardi, pengaruh globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berdampak besar terhadap kehidupan masyarakat. Demikian pula dampaknya bagi generasi muda bahkan sampai pada anak-anak.

Selain IPTEK, negeri ini juga mengalami perkembangan dan perubahan secara terus menerus dan sangat pesat. Globalisasi yang terjadi mesti disikapi secara arif dan bijaksana. Sikap bijaksana dan arif dalam menanggapi globalisasi membutuhkan filter yang berupa sholihnya mental spiritual. Manusia cerdas mampu mengikuti perkembangan zaman dan berakhlakul karimah dapat terwujud. Oleh karena itu program keagamaan sangat penting untuk diadakan, guna menyeimbangkan perilaku dan pengetahuan.

Gerak langkah MI YAPPI Balong akan menghidupkan kegiatan-kegiatan keagaman dilingkungan Madrasah sebagai kegiatan ekstra. Tujuan dari program ini antara lain melatih anak untuk membiasakan melaksanakan ibadah, melatih anak untuk memanfaatkan waktu (disiplin waktu), memberantas buta aksara Arab, menyeimbangkan pengetahuan umum dan agama.

Tujuan umum lainnya adalah memiliki karakter seorang muslim, beriman, bertaqwa dan mewarnai kehidupannya dengan akhlakul karimah. Memiliki kepribadian yang baik, percaya diri, serta sehat jasmanai dan rohani. Kemudian memiliki pengamalan, pengetahuan, keterampilan beribadah dan sifat-sifat terpuji yang berguna bagi pengembangan diri dan masyarakat, serta memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas hidupnya dalam masyarakat dan berbakti kepada Allah SWT guna mencapai kebahagiaan dunia akhirat.

MI YAPPI Balong berupaya membiasakan para murid selalu membaca Asmaul Husna sebelum memasuki ruang kelas. Kegiatan ini dipimpin Guru Agama Ahmad Musthasim.Dengan membaca Asmaul Husna setiap hari anak-anak diharapkan dapat hafal nama-nama Allah SWT, dan dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum pembacaan Asmaul Husna siswa harus dalam keadaan suci (berwudhu), sehingga siswa-siswi akan terjaga kesuciannya.

Selain itu para murid MI Yappi Balong juga melaksanakan Sholat Dhuha pada jam istirahat karena belum punya Mushola, kegiatan TPA/TPQ, hafalan Juz 30.

Sedangkan untuk guru diadakan Gerakan Guru Mengaji. Program ini untuk meningkatkan kapasitas guru dalam pendalaman keilmuan Al Qur’an.  Sasaran program ini dilaksanakan oleh semua guru MI YAPPI Balong pada waktu yang ditentukan dengan cara darusan (satu membaca, lainnya menyimak). Hal ini dapat menjadi uswah bagi peserta didik, dan guru juga akan selalu terlatih dan akan lebih baik kualitas keilmuannya.

Sekolah ini juga mengadakan kegiatan mujahadah, ziarah atau sowan ulama. Ziarah atau sowan ulama adalah mendatangi ke makam para aulia dan para ulama. Dengan program ini diharapkan ada kedekatatan bathiniyah antara pendidik dan ulama. Ulama akan selalu memberikan do’a dan dukunganya. (Sarwo/Bara).

Komentar

Komentar