SD, SMP, SMK Gedangsari Ikuti Jogja Fashion Week 2014

oleh -
iklan dispar

YOGYAKARTA, kabarhandayani,– Sejumlah siswa SD, SMP dan SMK dari Kecamatan Gedangsari Gunungkidul turut terlibat dalam kegiatan Jogja Fashion Week (JFW) IX 2014 yang digelar di Jogja Expo Center pada Rabu (18/6/2014) hingga Minggu (22/6/2014). Para siswa dari Gedangsari tersebut merupakan binaan PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR).

Arietta Adrianti Ketua YPA-MDR menjelaskan, dalam acara yang dibuka dan diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X ini mereka menampilkan hasil karya berupa kerajinan batik, baik yang berbentuk kain batik maupun baju batik. Selain itu, sejumlah siswa SD juga melakukan proses membatik tulis dengan menggunakan canting dan lilin yang digoreskan pada sebuah kain putih yang telah mereka gambari dengan pola unik.

Arietta memaparkan, YPA-MDR merupakan yayasan pendidikan yang berfokus pada pembinaan melalui empat pilar program, yaitu: akademik, pendidikan karakter, kecakapan hidup, dan seni budaya. Dengan mengacu potensi daerah yang ada di Gunungkidul, khususnya wilayah Gedangsari, kerajinan batik dipilih sebagai program kecakapan yang diberikan kepada siswa.

Menurut Arietta, dalam pembinaan tersebut, PT Astra International Tbk menggandeng Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya (P4TK-SB) Yogyakarta untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru dan siswa. Program batik ini pun dirancang sedemikian rupa sehingga sesuai dengan jenjang sekolah secara berkesinambungan dari tingkat SD hingga SMK sebagai pelajaran muatan lokal dan jurusan. Arietta menambahkan, ada 6 SD Negeri, 1 SMP negeri dan SMK N 2 Gedangsari yang merupakan binaan dari YPA-MDR.

“Untuk saat ini kita sedang membangun gedung sekolah jurusan tata busana butik SMK N 2 Gedangsari yang nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas theacing factory. Semoga setelah lulus nanti, para siswa ini memiliki kompetensi sebagai desainer butik batik,” pungkasnya. (Mutiya/Jjw)

Komentar

Komentar