SAR Kerahkan Seluruh Personil Saat Hari Libur

oleh -
iklan dispar

logo-sar

TANJUNGSARI, (KH) — Tim Search and Rescue (SAR) Gunungkidul terus berupaya memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan saat berlibur di destinasi pantai di Gunungkidul, terutama saat memasuki akhir pekan dan hari libur. Hal tersebut dilakukan dengan mengerahkan seluruh personil Tim SAR yang ada.

Sekretaris Tim SAR Korwil ll, Surisdiyanto mengatakan, saat masa liburan tiba, sebanyak 55 anggota tim SAR disiagakan mulai dari Pantai Poktunggal hingga Pantai Gesing. Petugas ini difokuskan menjaga keselamatan wisatawan.

“Saat memasuki hari libur anggota kita kerahkan semuanya, sedangkan saat hari biasa hanya 11 orang yang kita bagi piket dengan shift, ” katanya, Senin (23/3/2015).

Salah satu anggota Tim SAR Pantai Baron, Wasiman menjelaskan, di tengah banjirnya pengujung di berbagai destinasi pantai selatan Gunungkidul, penjagaan harus diperketat. Pihaknya mengatakan, berkat kesigapan anggota Tim SAR,  3 orang wisatawan pantai yang tergulung ombak, Minggu (22/3/2015) kemaren dapat diselamatkan.

“Anggota Tim SAR memang dituntut sigap dan siap selalu dalam menjaga wisatawan, terutama saat memasuki masa liburan,” terangnya.

Sementara, Koordinator tim SAR wilayah II Pantai Baron, Marjono mengakui kasus kecelakaan laut yang terjadi di wilayahnya biasa terjadi karena kecerobohan wisatawan yang tidak mau mendengarkan himbauan petugas.

“Kami sudah memberi peringatan, tetapi rata-rata tidak mau mendengar. Baru setelah ada kejadian, wisatawan menyadari bahaya mandi di laut,” tuturnya. (juju)

Komentar

Komentar