Saptosari Bakal Bangun Rest Area

oleh -
iklan dispar
SAPTOSARI, kabarhandayani.– Salah satu hal yang paling mendasar Kecamatan Saptosari mendapatkan program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan di Indonesia (MP3KI) karena angka kemiskinan termasuk ke dalam kategori tinggi di Kabupaten Gunungkidul.

Disampaikan Suhut Hudi selaku Penanggung Jawab Operasional Kegiatan  (PJOK) bahwa dari alokasi keseluruhan dana sebesar 6,2 milyar rupiah akan diambil sekitar 2,5 Milyar Rupiah untuk membangun rest area guna mendongkrak sektor pariwisata yang ada.

Dengan menempati lahan seluas 1,2 ha yang berada di samping ruas Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS) Saptosari – Panggang, tepatnya di Padukuhan Sumuran yang merupakan tanah kas Desa Kepek akan dibangun rest area yang terbagi menjadi beberapa lokal sesuai peruntukkannya, diantaranya; Shelter bus wisata, Taman kuliner, showroom kerajinan, panggung hiburan serta wahana bermain water boom.

Lebih lanjut Suhut menjelaskan fungsi dari masing-masing area tersebut, shelter bus sebagai pemberhentian bus wisata, kemudian wisatawan akan dibawa dengan armada yang lebih kecil yang telah disediakan menuju obyek wisata tujuan, sedangkan taman kuliner akan menyediakan macam-macam kuliner daerah.

Kemudian showroom kerajinan sebagai tempat penjualan hasil kerajinan dari Saptosari dan panggung hiburan sebagai media pertunjukan seni dan budaya, serta waterboom merupakan wahana permainan air.

Ia menambahkan hingga saat ini telah dibentuk Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) serta Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) serta pokja-pokja yang berada di bawahnya guna kelancaran pelaksanaan program MP3KI.

“Mudah-mudahan bisa tepat waktu sesuai rencana, desain dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) sedang dalam tahap penyelesaian antara kami dan pihak rekanan, kira-kira awal Agustus dimulai,” tuturnya, kamis, 03/07/2014.

Suhut berharap dengan potensi wisata yang ada kemudian wilayah yang dilalui JJLS, Saptosari di masa mendatang akan jauh berbeda dengan kondisi sekarang, “Kita lihat saja di 2015 mendatang, saya kira akan membuat orang yang datang kaget, ketika lama tidak kesini,” harapnya. (Kandar/Hfs)

Komentar

Komentar