2 Santri Gunungkidul Raih Juara 1 Nasional FASI IX 2014

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhadayani.– Gunungkidul mempunyai generasi penerus yang sangat membanggakan. Di antaranya adalah para anak-anak atau santri berprestasi dalam bidang keagamaan yang mendapat juara tingkat nasional dalam ajang Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) IX 2014. Anak-anak Gunungkidul ini maju ke tingkat nasinonal terpilih mewakili Daerah istimewa Yogyakarta.

Ketua umum Badan Koordinasi Taman Kanak-kanak Al Qur’an-Taman Pendidikan Al Qur’an (BADKO TKA-TPA) Kabupaten Gunungkidul, H. Aam Sugasto, MA menjelaskan ada lima anak yang dikirim dalam ajang perlombaan ini.

Dari bakat anak-anak yang terus digali, dibimbing dan dikembangkan, ada 2 anak yang meraih juara 1 nasonal, diantaranya adalah Zahratun Qurota A’yuni yang menyabet juara 1 nasional dalam lomba pidato Bahasa Indonesia TPA Putri dan Gymna Cahyo Nugroho yang merupakan dalang wayang kulit cilik meraih juara 1 nasonal dalam lomba pidato Bahasa Indonesia TPA Putra.

Selain itu, 3 anak yang lain yakni Dewi Purnamasari meraih juara harapan 2 dalam lomba kaligrafi TQA, Khansa Hanun Afifah yang masuk ke dalam 10 besar nasional pidato Bahasa Indonesia TQA dan Arfa Raditya Pratama mewakili lomba adzan Iqomah TKA.

“Semoga anak-anak ini terus meningkatkan prestasinya dan memberikan teladan yang baik bagi teman-teman yang lain sehingga nanti akan muncul bibit-bibit baru lagi untuk mengharumkan nama Gunungkidul,” ungkapnya pada Kamis (3/7/2014).

Aam menjelaskan, ajang lomba keagamaan ini bukan hanya kemasan lomba untuk memperoleh juara tetapi juga dalam usaha membentuk dan mendidik anak-anak untuk gemar beribadah dan memiliki moral serta budi pekerti yang baik.

Berdasarkan penuturan Aam, penjaringan bibit-bibit cilik yang berbakat ini dimulai dari seleksi tingkat rayon atau kecamatan,tingkat kabupaten hingga tingkat DIY. Anak-anak yang terpilih pun didampingi dan dibimbing sejak dari seleksi tingkat kabupaten hingga maju tingkat nasional dengan pendamping diantaranya Teguh, S.Sos dan Jayadi, M.Pd.I., Shoifudin, SHI selaku pelatih kaligrafi, Arif Tyas Fitriyanto selaku pelatih pidato Bahasa Indonesia dan para orang tua peserta berprestasi.

Aam menjelaskan, jajaran pengurus Badko TKA-TPA Gunungkidul pun melakukan audiensi kepada Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah,S. Sos atas prestasi tersebut pada 1 Juli 2014 yang bertempat di ruang tamu kantor Bupati Gunungkidul dengan diterima langsung oleh bupati, wakil bupati dan Kabag Adm. Kesra Setda Kab. Gunungkidul. Selain melakukan audiensi kepada Bupati, para jajaran Badko TKA-TPA pun melakukan audiensi di Kantor Kementrian Agama Gunungkidul.

“Dari hasil kerja keras anak-anak ini Bupati pun memberikan apresiasi yang tinggi kepada anak-anak dan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi untuk membimbing mereka,” ungkapnya. (Mutiya/Hfs)

Komentar

Komentar