Sambut Hari Pariwisata Dunia, Dispar Gunungkidul Kenalkan Destinasi Watu Gendong

oleh -
Watu gendong
Destinasi Wisata Watu Gendong jadi pusat perhelatan Gunungkidul Tourism Fest. (Foto: fans page Watu Gendong)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Dalam rangka memperingati Hari Pariwisata dunia yang jatuh tiap tanggal 27 September, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul menggelar Gunungkidul Tourism Fest di destinasi wisata Watu Gendong di Kalurahan Beji Kapanewon Ngawen, Gunungkidul, Sabtu 24 September 2022 mendatang.

Banyak ragam acara dihelat guna memeriahkannya. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, M. Arif Aldian menyebutkan, rangkaian agenda dimulai pada sore hari pada pukul 15.00 WIB. Diawali bazar UMKM tradisional dilanjutkan tarian tradisional reog, peragaan kain batik oleh Dimas Diajeng Gunungkidul, demo pembuatan kain batik oleh pembatik cilik dan penampilan band lokal. Bersamaan disertai pula lomba foto on the spot dengan hadiah menarik.

“Selanjutnya pada malam hari akan ada penampilan bohemian band, lighting show, penampilan tari tradisional fire dance, penampilan musik Rinding Gumbeng, dapur musik feat Gaseng Om Wawes dan Pendhosa Band.

Arif Aldian menambahkan, pemilihan destinasi wisata Watu Gendong di Beji Ngawen sebagai lokasi penyelenggaraan event ini dimaksudkan untuk mendukung perkembangan minat wisatawan pada masa mendatang. Menurutnya terdapat pergeseran tren dari wisata mass tourism ke wisata minat khusus yaitu salah satunya Desa Wisata.

“Serta sebagai upaya pemerintah dalam mendukung penerapan CBT (Community Based Tourism) untuk menuju pariwisata yang berkelanjutan melalui penguatan aspek pemberdayaan masyarakat, pelestarian lingkungan dan pelestarian budaya,” paparnya.

Selain itu, lebih jauh disampaikan, juga sebagai ajang mempromosikan destinasi di sektor utara atau timur wilayah Gunungkidul sehingga dapat meningkatkan aspek ekonomi masyarakat sekitar dan memberikan wadah bagi desa wisata untuk menampilkan potensi yang dimiliki.

“Harapannya, pariwisata Kabupaten Gunungkidul bisa menuju pariwisata kelas dunia,” harap Arif Aldian.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Gunungkidul sudah memiliki 38 Desa Wisata. Saat ini ciri khas yang ada di masing-masing desa wisata menjadi daya tarik bagi wisatawan dari mancanegara dan terbukti masing-masing desa wisata unggul dengan berbagai pencapaian yang telah diraih, antara lain: Best Village Tourism 2021 dari UNWTO untuk Desa Wisata Nglanggeran, 300 Besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 untuk Desa Wisata Tepus.

Sementara untuk Desa Wisata Candirejo- Semin, Desa Wisata Kampung- Ngawen masuk 100 besar dalam ajang ADWI 2022. Lalu, Desa Wisata Tepus naik peringkat, masuk ke dalam 50 besar dalam ajang ADWI 2022. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar