Saat Hendak Dibobol Alarm Kotak Infak Berbunyi, Pencuri Berhasil Diringkus Warga

oleh -
Pencuri kotak infak masjid ditangkap. (dok. Polsek Karangmojo)

KARANGMOJO, (KH),— Seorang pencuri berkepala plontos nyaris dihakimi warga saat tertangkap basah berusaha mencuri kotak amal di sebuah Masjid, Jumat(01/1/2021). Peristiwa tersebut terjadi hari ini sekitar pukul 08.00 WIB. Pencuri diamankan warga Padukuhan Tenggaran, Kalurahan Gedangrejo, Kapanewon Karangmojo, Gunungkidul. Usai ditangkap warga pencuri dibawa petugas Polsek Karangmojo.

Dari informasi yang berhasil dikumpulkan, upaya pencurian diketahui saat alarm kotak amal yang berada di dalam Masjid Padukuhan Tengaran berbunyi kencang.

“Warga yang mendengar tanda – tanda pencurian itu lantas berbondong – bondong menuju Masjid di Padukuhan Tenggaran untuk mengecek,” ujar Agus Andeswa, anggota Komunitas Radio Antar Penduduk Indonesia. Saat warga mendatangi Masjid, warga menangkap basah seorang pria gundul yang berusaha membobol kotak amal Masjid.

“Untuk mengantisipasi pencurian kotak amal, pengurus Masjid memang memasang alarm pengamanan,” lanjut Agus.

Oleh warga, pelaku akhirnya ditangkap dan diamankan. Setelah dilakukan introgasi pelaku mengaku berasal dari Kabupaten Purworejo.

“Kami langsung melaporkan dan menyerahkan pelaku ke Polsek Karangmojo,” kata Agus.

Agus menambahkan, sebelumnya kejadian pencurian yang menyasar Masjid seringkali terjadi di wilayah Kalurahan Gedangrejo. “Beberapa Masjid sempat menjadi sasaran pencuri, sebuah Ampli dan kotak amal raib hilang digasak maling, beberapa waktu lalu,” lanjutnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, warga dan pengurus Masjid kemudian berinisiatif memasang alarm kotak amal. “Jadi kalau kotak dicongkel otomatis saklarnya kepencet dan berbunyi,” imbuhnya.

Saat dikonfirmasi Media, Kanit Reskrim Polsek Karangmojo, Iptu Pudjiono, sampai saat ini belum memberikan respon. [Edi Padmo]

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar